FOKUS: #CORONA

Lima Minggu Nihil, Satgas Covid -19 Kota Ambon Temukan Satu Orang Positif

KBRN, Ambon: Satu warga Kota Ambon terkonfirmasi positif Covid-19, setelah kurang lebih lima minggu berturut – turut nihil kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kota Ambon, Wendy Pelupessy, Selasa (25/1/2022) di Balai Kota, menjelaskan, pasien terkonfirmasi positif adalah warga desa Nania, Kecamatan Baguala-kota Ambon.

“Pasien yang terkonfirmasi positif ber-KTP Ambon, tinggal di desa Nania, Kecamatan Baguala Kota Ambon, tetapi selama ini orang tersebut lebih banyak berada di Negeri Hatu, Kabupaten Maluku Tengah” ungkapnya

Dijelaskan Kadinkes, setelah dinyatakan positif, warga tersebut langsung dirawat di RSUD Haulussy. Namun hasil pemeriksaan terkait varian Covid apa yang diderita, masih diproses di laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas II Ambon.

“Kami juga lakukan tracing kepada kontak erat, tetapi hasilnya nanti tergantung pemeriksaan sample di BTKLPP, apakah positif atau tidak. Sementara, baru empat orang yang ditracing,” ujarnya.

Pelupessy menjelaskan kasus ini bukanlah kejadian luar biasa, karena kasus Covid tetap diketemukan selama screening.

Terkait dengan skor kota Ambon pada peta resiko penyebaran covid 19 di Maluku, yang sebelumnya berada pada Zona Hijau, dirinya menandaskan, nantinya akan ditentukan oleh Satgas Covid 19 di tingkat pusat.

“Nanti kita lihat, skor ditentukan oleh pusat, mungkin saja bisa berpengaruh karena sudah ada kasus,” pungkas Kadinkes,

Untuk diketahui dengan penambahan satu kasus Covid-19, maka total konfirmasi positif di kota Ambon menjadi 8881 orang, sembuh 8714, dan meninggal 166 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar