Siloam Ambon Layani Operasi Pinggul, Lutut & Pemanjangan Tulang

KBRN, Ambon : Manajemen Siloam Hospitals Ambon tak hanya menggebrak dengan menghadirkan operasi teknik persalinan ECRAS, tapi juga operasi pinggul, lutut dan pemanjangan jantung.

Dalam acara Talk Show Media Gathering yang dipandu dr Ni Ketut Jesica Rachael Monica Kang yang juga dokter residen Siloam Ambon, Jumat (21/01/2022), Spesialis Ortopedi, Sub Spesialis Pinggul & Lutut (Hip & Knee) dr Wijaya Johanes Chendra memastikan Siloam Hospitals Ambon telah melayani operasi pinggul dan lutut.

"Operasi pinggul dan lutut ini sudah kita lakukan di Siloam Ambon. Sudah banyak pasien yang kita tangani, jumlah pastinya tidak ingat, tapi setiap bulan selalu ada," ungkap dr Wijaya.

Menurutnya, kerusakan sendi lutut dan panggul memang sering sekali terjadi pada pasien-pasien usia lanjut karena sendi pinggul dan lutut digunakan untuk menopang berat badan. Kondisi seperti ini mengakibatkan kerusakan pada sendi hingga membutuhkan prosedur operasi penggantian sendi. 

"Jadi, prosedur replacement ini adalah prosedur menggantikan sendi yang rusak dengan sendi buatan atau disebut prostesis,” jelas dr Wijaya.

Prosedur penggantian sendi seperti ini, tambah dr Wijaya, lebih sering dikerjakan pada orang lanjut usia, tapi usia muda yang mengalami permasalahan sendi agar kembali produktif.

"Pasien tidak perlu khawatir untuk proses operasi dan pemulihannya, karena sebelum operasi dan sesudah operasi segala sesuatunya telah disiapkan dengan matang," ujar dr Wijaya.

Ia mencontohkan penanganan sesudah operasi pergantian sendi meliputi antara lain pasien dilatih untuk bergerak. Namun proses recovery pasien lebih bergantung pada keberanian pasien untuk bergerak dan mencoba melakukan aktivitasnya secara normal. 

"Biasanya dalam jangka waktu 1 minggu pasien sudah dapat melakukan aktivitas ringan, sehingga diharapkan pasien dapat berangsur-angsur kembali melakukan aktivitas normalnya," ujarnya.

Selain problem sendi, dr Wijaya mengatakan, kebanyakan pasien yang dioperasi, juga mengalami kerusakan tulang. Kasus seperti ini dapat ditangani dengan prosedur bone lengthening atau pemanjangan tulang. 

"Prosedur pemanjangan tulang ini sempat booming di kalangan masyarakat karena mengarah ke tujuan kecantikan, semisal ingin mendapatkan tinggi tubuh yang diimpikan. Padahal operasi ini, awalnya bukan ditujukan untuk kosmetik, tetapi untuk mengisi kelainan pada tulang yang hilang atau yang terpaksa harus dihilangkan," jelas dr Wijaya. 

Menurut spesialis yang telah menangani berbagai kasus patah tulang di Kota Ambon ini, operasi perpanjangan tulang betujuan untuk membantu keseimbangan alat gerak pasien pada bagian kedua kaki agar dapat bergerak dengan baik. Prosedur ini, juga bisa menumbuhkan kembali tulang pada daerah tersebut.

Kasus yang umum ditangani di Kota Ambon adalah kasus pasien yang mengalami patah tulang akibat kecelakaan. Sebelum ditangani, kebanyakan dari mereka telah menjalani pengobatan alternatif yang mengakibatkan pembusukan tulang sehingga harus dibuang. 

"Dalam kondisi-kondisi seperti inilah, prosedur bone lengthening diperlukan untuk mengisi kekosongan tulang yang harus dibuang tersebut. Saat ini, prosedur bone lengthening juga sudah dikerjakan untuk tujuan kecantikan," ujar dr Wijaya.

Masih kata dr Wijaya, prosedur operasi hip and knee replacement dan bone lengthening sudah sering dikerjakan olehnya di Siloam Ambon. Banyak pasien, bahkan  sudah merasakan manfaatnya.

Hospitals Director Siloam Ambon Dr Paulus Triaji Hadijiwaya yang hadir pada Media Gathering juga memastikan Siloam Ambon telah melayani operasi pinggul, lutut dan pemanjangan tulang.

"Semoga dengan kehadiran dr Wijaya sebagai Sub Spesialis Ortopedi pertama di Maluku, masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya sudah tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar pulau untuk mendapatkan pelayanan operasi penggantian sendi dan pemanjangan tulang yang mumpuni, terlebih bagi pasien-pasien lanjut usia dan pasien yang memiliki post-trauma dimana proses mobilisasi mereka yang lebih terbatas,” harap Dr Paulus. 

Siloam Hospitals Ambon

Siloam Hospitals Ambon merupakan rumah sakit ke-39 di Siloam Hospitals Group. Berlokasi di Jl. Sultan Hasanudin, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon,  rumah sakit ini mulai beroperasi pada Juni 2020, 

Siloam Hospitals Ambon saat ini sudah membuka pelayanan operatif dan non-operatif dengan pelayanan spesialis umum dan subspesialis, dengan 101 tempat tidur. 

Terdiri dari dua lantai yang telah beroperasi dari sebelas lantai yang sedang dalam proses pembukaan, Siloam Hospitals Ambon juga dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang HCU, ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, x-ray, farmasi, dan laboratorium. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Debora Tan (WA 0823 9920 8160)Debora.tan@siloamhospitals.comMarketing Communication 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar