Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Diikuti Warga Binaan

KBRN,Ambon:  Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki ikuti sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan pemeriksaan kesehatan melalui Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular.

Kegiatan tersebut merupakan hasil sinergi dengan Puskesmas Saumlaki melalui Perjanjian Kerja Sama untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat dan jaminan layanan kesehatan terhadap WBP.

"Meski tidak memiliki petugas kesehatan, kami terus berupaya untuk menjamin pelayanan kesehatan terhadap WBP, salah satunya lewat sinergi dengan Puskesmas Saumlaki," terang Kepala Subseksi Pembinaan Lapas Kelas III Saumlaki,  Melkianus Jempormasse.

Melki berharap, melalui kegiatan dimaksud dapat mengedukasi dan mengembangkan perilaku WBP untuk hidup bersih dan sehat, hidup dalam lingkungan Lapas yang sehat, serta peduli terhadap pentingnya memelihara kesehatan di Lapas.

"Dengan edukasi yang rutin, saya pikir dapat membuka wawasan kita semua tentang pentingnya kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati," tambahnya.

Sementara itu, Fegi Yanada selaku penyuluh menjelaskan tujuan khusus GERMAS adalah menurunkan risiko utama penyakit menular dan tidak menular, terutama melalui intervensi gizi 1.000 hari pertama kehidupan, memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga, meningkatkan aktivitas fisik teratur dan terukur, meningkatkan pola hidup sehat, meningkatkan lingkungan sehat, serta mengurangi konsumsi rokok dan alkohol.

"Kalau kita cermati, tujuan khusus GERMAS bisa menjadi deteksi dini untuk terhindar dari segala penyakit," tegasnya.

Usai mengikuti sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan, ratusan WBP juga dibagikan sayur sup dan buah pisang yang merupakan salah satu langkah GERMAS. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar