Tersisa 54 Kasus Aktif, Akankah PPKM Kembali Diperpanjang?

KBRN, Ambon : Kasus positif Covid di Kota Ambon terus melandai. Hingga 18 September 2021, Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Maluku melaporkan Kota Ambon kini menyisakan 54 kasus aktif.

Melandainya kasus positif Covid di Kota Ambon disambut suka cita warga kota, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon masih memperpanjang  PPKM untuk mengendalikan pandemi Covid hingga Senin, 20 September 2021.

"Katong berharap dan berdoa semoga pandemi Corona segera berlalu dari Kota Ambon, supaya anak-anak bisa kembali sekolah seperti dulu," harap Aty Zakaria, guru Sekolah Dasar kepada RRI di Lapangan Merdeka, Sabtu (18/09/2021).

Harapan yang sama disampaikan Ongen Tutuhatunewa, usai berlari mengitari Lapangan Merdeka. Mahasiswa Unpatti ini  berharap, Pemkot Ambon tak lagi memperpanjang PPKM agar segala urusan tak lagi dipersulit, namun dia sepakat protokol kesehatan tetap diberlakukan.

"Kalau beta sih maunya, jang perpanjang PPKM lai, cukup warga didisiplinkan selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam hal penggunaan masker," harapnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Ambon memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Level 3 hingga 20 September 2021 melalui InstruksiWalikota Nomor 9 Tahun 2021.

Walikota Richard Louhenapessy, Jumat (10/09/2021) menjelaskan, dalam kebijakan terbaru, sejumlah pelonggaran diberikan bagi pelaku usaha. 

Kelonggaran yang dimaksud diantaranya pelaksanaan kegiatan makan minum di tempat umum (warung makan, restoran, rumah makan, kafe, lapak jajanan, rumah kopi dan sejenisnya) baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun pada pusat perbelanjaan yang pada Instruksi Walikota sebelumnya hanya diizinkan hingga pukul 21.00 WIT kini dibolehkan hingga pukul 22.00 WIT.

“Sedangkan untuk aktifitas kuliner malam, jam operasional diizinkan mulai pukul 19.00 sampai 23.00 WIT,” kata Walikota

Selanjutnya pelaksanaan kegiatan pada pusat perbelanjaan, Mall, pusat perdagangan, Alfamidi dan Indomaret, yang dulunya hanya beroperasi hingga pukul 21.00 WIT kini dapat buka hingga 22.00 WIT dengan namun tetap dengan pembatasan pengunjung 50 persen.

“Untuk pasar tradisional serta pertokoan dan jenis usaha lainnya yang menjual kebutuhan pokok sehari – hari yang sebelumnya dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIT, dalam PPKM kali ini, diizinkan beroperasi hingga 21.00 WIT,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan di tempat karaoke dan hiburan malam, lanjutnya, saat ini diizinkan buka lebih lama satu jam dari Instruksi Walikota sebelumnya yakni dari pukul 15.00 WIT sampai pukul 24.00 WIT, dengan pembatasan kapasitas pengunjung 25 persen.

“Sementara untuk kegiatan di area bermain anak dan bioskop, jam operasinya disesuaikan dengan jam operasional Mall, yakni pukul 22.00 WIT,” kata Walikota.

Terakhir, untuk transportasi umum, ojek, kendaraan sewa atau rental dapat beroperasi dengan kapasitas 50 persen dengan waktu operasional sampai pukul 22.00 WIT, dalam Instruksi Walikota sebelumnya transportasi umum hanya dibatasi hingga 21.00 WIT.

Namun saat ini sebagian warga tak lagi menginginkan PPKM  diperpanjang dengan dalih kasus aktif di Kota Ambon terus menurun.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00