Sempat di Orange, Kota Ambon Kembali Masuk Zona Merah

KBRN, Ambon: Sepekan berada di zona Orange, saat ini Kota Ambon kembali ke zona Merah, berdasarkan data Satgas Covid-19 pusat.

Dari data Satgas Covid-19 pusat, per tanggal 25 Juli 2021, Kota Ambon kembali ke zona merah dengan skor 1,73. Padahal sebelumnya Kota berjuluk manise ini berada di zona orange dengan skor 1,9.

"Selisih skor Minggu kemarin sangat kecil yakni berada di angka 1,9. Diketahui bahwa skor 1,8 kebawah sudah masuk pada Zona Merah. Jadi sekarang Ambon sudah masuk zona merah"kata Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Selasa (27/7/2021).

Dikatakan, angka Kematian memiliki bobot dan skor yang cukup tinggi dalam penetapan kriteria Epidemiologi. Sementara di Kota Ambon saat ini angka kesembuhan melambat, mengakibatkan angka perawatan semakin tinggi. Dan angka kematian relatif tinggi 1,7%. 

"Dari sebelumnya 1,2%. Indikator Angka Kematian ini mempunyai bobot dan skor yg cukup tinggi dlm penetapan kriteria Epidemiologi"terangnya.

Selain itu menurutnya, saat ini pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) semakin berkurang dari sebelumnya. 

"Minggu ini perhari dibawah 150 orang/hari yamg melakukan tracing dan testing. Sebelumnya rata-rata diatas 300 orang/ hari. Ini yg menyebabkan Positivity rate tinggi. Positivity rate seharusnya kurang dari 5%. Untuk Kota Ambon saat ini berada diangka 24,9%,"jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00