Nakhoda MV Meratus Pekanbaru Meninggal Covid di Laut Banda, ABK Kapal Akan Diswab

KBRN, Ambon : Kasus meninggal akibat Covid menimpa Nakhoda KM Meratus Pekanbaru, EZ, 65 tahun, alamat Kota Sidoarjo Jawa Timur. Rabu (16/06/2021). Jenazah EZ, telah dievakuasi ke RSUD Haulussy untuk ditangani secara protokol Covid.

Dari Berita Acara Deviasi yang ditandatangani Mualim I Cipto Sugihartono, diketahui, pada Rabu 16 Juni 2021 pukul 10.00 WIT, LT MV Meratus Pekanbaru melakukan pelayaran dari Amamapare menuju Surabaya. 

Pada posisi Laut Banda (05-13.00 S/128-24.00 E), nakhoda kapal EZ, menderita sakit dan ditemukan dalam keadaan kritis di kamarnya. Korban ditemukan dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Sehubungan dengan keadaan itu, atas instruksi DPA via email, MV Meratus Pekanbaru melakukan Deviasi ke Pelabuhan Ambon.

Sumber yang dihubungi RRI menyebut jenazah EZ langsung dievakuasi ke RSUD Haulussy. Setelah dirapid antigen oleh KKP, hasilnya positif, uji Swab di RSUD juga hasilnya positif. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Maluku dr Dony Rerung menjawab RRI memastikan dari hasil pemeriksaan  jenazah, diketahui korban EZ, positif Covid 19.

"Saat ini, kapal kargo Meratus Pelanbaru masih sandar di Pelabuhan Yos Sudarso. Semua ABK akan diswab, KKP sedang siapkan pemeriksaan," ungkap Rerung.

Ditambahkan Rerung, jenazah EZ ditangani secara protokol Covid, sedangkan semua ABK akan diswab untuk melacak berapa banyak ABK yang terinfeksi dari korban.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00