FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi bagi ODGJ di Ambon 

KBRN, Ambon: Vaksinasi Covid-19 tahap III hingga kini terus digencarkan Pemerintah Kota Ambon dengan menyasar kelompok rentan, Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas.

Spesialis Kedokteran Jiwa di RSKD Provinsi Maluku, dr. Sherly Yakobus, Sp.KJ kepada RRI.co.id mengatakan, vaksinasi bagi ODGJ akan dilaksanakan dua hari dan pasien ODGJ di Kota Ambon tercatat lebih dari 100 orang. Namun untuk mengumpulkan serta mengedukasikan tentang vaksinasi bagi mereka cukup sulit.

"Vaksin hari ini masih berlangsung, namun belum tahu capai hingga 20 pasien ODGJ atau tidak, karena sulit untuk mengedukasi. Vaksinasi tahap III juga ditambah dengan pasien rawat inap, namun masih ditunda karena kemarin ada yang positif dan masih isolasi hingga hasil PCR keluar ," ujar dr.Sherly, Senin (14/06).

Menurutnya, ODGJ yang divaksin tidak sebatas gangguan psikotik seperti Skizofrenia (gangguan mental yang menyebabkan halusinasi dan delusi) tetapi juga menyasar semua gangguan jiwa.

Ketika ODGJ divaksin lanjutnya, pengamanan khusus yang dilakukan petugas medis tidak terlalu sulit karena pasien sudah terkontrol dengan obat, sehingga aktifitas sehari-hati (daily living) bahkan komunikasi sudah bagus.

Bahkan usai divaksin perlakuan yang diberikan kepada ODGJ sama seperti lainnya yakni observasi selama 30 menit sebagai antisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00