Gandeng BPN, Kemenag Perkuat Legalitas Tanah Wakaf di Aceh Singkil

Petugas BPN dan Pegawai Kemenag eksekusi Pengukuran Tanah Wakaf

KBRN, Singkil : Gandeng Petugas dari Badan Pertanahan Nasional (BPN),  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf mulai melakukan pengukuran tanah wakaf beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Rabu (06/07/22).

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil, melalui Kasie Penyelenggara Zakat dan Wakaf. Khasi'ah, S.Ag, MM mengatakan. Khusus untuk tahun ini, ada sebanyak 13 Persil di Kabupaten Aceh Singkil lahan wakaf yang akan di usulkan  proses menuju legal setingkat sertifikat di Kantor ATR/BPN Aceh Singkil. 

Masing - masing terletak di Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Singkohor dan Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil.

" Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf hadir memfasilitasi proses sertifikasi tanah wakaf ini,” Sebut Khasiah 

Lebih lanjut dijelaskannya, sebelum mengajukan permohonan sertifikat tanah wakaf ke BPN, terlebih dahulu pihaknya memastikan adanya dokumen Akta Ikrar Wakaf (AIW).

Bahkan ia mengakui, yang menjadi kendala terlambatnya pengurusan dokumen sertifikat sejumlah tanah wakaf baik rumah ibadah (Mesjid), Sekolah - sekolah (Pesantren). Maupun tanah  amal Ibadah Mesjid karena banyaknya tidak ditemukan fisik Akta Ikrar Wakaf (AIW) itu sendiri. Sehingga, tim terpaksa membuat akta ikrar wakaf (AIW) yang baru.

“ Saat ini proses pembuatan sertifikat tanah wakaf sudah sampai pada pengukuran tanahnya,” Tambahnya 

Lebih lanjut diterangkannya, dari 11 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, sedikitnya ada sebanyak 108 Persil tanah wakaf yang menjadi Kemenag untuk di sertifikatkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar