[Cek Fakta] Video Gunung Welirang Erupsi

cek_fakta_video_gunug_welirang_erupsi_foto_istimewa

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang menampilkan adanya awan berwarna merah disertai petir yang diklaim bahwa kejadian tersebut sebagai erupsi Gunung Welirang di Jawa Timur.  

Namun saat ditelusuri lebih lanjut, klaim yang menyebutkan kejadian tersebut adalah erupsi Gunung Welirang adalah salah. 

Kejadian tersebut bukanlah erupsi Gunung Welirang melainkan salah satu contoh fenomena optik atmosfer. 

Video yang identik pernah diunggah juga ke YouTube oleh kanal KOMPASTV pada 13 Desember 2021 dengan judul, Viral! Fenomena Langit Merah di Atas Gunung Welirang, Begini Penjelasan BMKG.

Koordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur Taufiq Hermawan juga mengatakan, fenomena langit merah dan petir tersebut merupakan hal biasa. 

Taufiq menjelaskan, warna kemerahan pada awan langit di sekitarnya disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan. 

Maka dapat disimpulkan jika klaim yang menyebutkan kejadian tersebut adalah erupsi Gunung Welirang adalah salah. 

Faktanya, kejadian tersebut bukanlah erupsi Gunung Welirang melainkan salah satu contoh fenomena optik atmosfer. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38778/disinformasi-gunung-welirang-di-jawa-timur-mengalami-erupsi/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar