Wapres Dorong Pemda Antisipasi Penyebaran Omicron

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, telah mengonfirmasi varian baru Covid-19 Omicron telah masuk ke Indonesia.

Menurut Menkes, pasien pertama Omicron terdeteksi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/12/2021).

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mendorong seluruh pemerintah daerah agar mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron di daerahnya masing-masing.

"Baru satu ini, pemerintah daerah harus melakukan penyiapan untuk pencegahannya. Jangan sampai masuk ke daerah-daerah, kita antisipasi," kata Wapres dalam keterangan persnya dikutip rri.co.id, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Kemenkes Belum Temukan Penularan Omicron Komunitas

Baca Juga: Kemenkes: Varian Covid-19 Omicron Terdeteksi Masuk Indonesia

Lebih jauh, Wapres menuturkan, ia tidak ingin varian Omicron menyebar seperti varian Delta beberapa waktu lalu.

"Kita harus lebih hati-hati, kita punya pengalaman Delta. Delta itu kurang kita antisipasi sehingga kemudian kita kebobolan," ujarnya.

Menurut Wapres, pemerintah telah berupaya agar Indonesia tidak seperti negara-negara di Eropa, bahkan India dan Singapura yang terjangkit Omicron.

"Semuanya itu kita tutup, jangan sampai (Omicron) masuk ke sini," tegas Wapres lagi.

Ditemukannya kasus Covid-19 varian Omicron di tanah air, Wapres mengimbau agar semua pihak terus waspada dan meminta program vaksinasi dipercepat.

"Vaksinasi (harus) disegerakan lagi, dipercepat lagi untuk masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar