Disingkil, Serapan ADD 2022 Sumber ADK dan PDRD Masih Rendah

Sejumlah Kades terlihat sedang di kantor DPMK meminta rekomendasi pengajuan ADD

KBRN, Singkil : Hingga memasuki Triwulan Ke- III tahun anggaran 2022. Dari 116 Desa/Kampung yang tersebar di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Tercatat serapan proses penarikan Alokasi Dana Desa (ADD) sumber ADK serta Sumber dari pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) baru terlaksana tahap pertama.

Padahal, Alokasi Dana Desa (ADD) sumber ADK dan PRD tersebut, peruntukannya sebagai pembiayaan rutin di tingkat Desa/Kampung. Seperti, biaya operasional kantor Desa dan BPKam. Kemudian pembayaran sejumlah honor (Gaji) dan  tunjangan Badan Permusyawaratan Kampung (BPKam).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK ), melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan Kerjasama Administrasi Pemerintahan Mukim dan Kampung. Afruddin Hendra, saat dikonfirmasi RRI. Terkait progres penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun ini, berdasarkan permintaan rekomendasi pangajuan penarikan ADD yang dikeluarkan pihak DPMK hingga saat ini, baru terdapat pengajuan tahap pertama.

" Berdasarkan data sementara yang berhasil saya himpun terkait penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) melalui permintaan rekomendasi khusus sumber ADK dan PDRD baru terdapat tahap pertama." Sebut Afruddin Hendra. Rabu (10/08/2022)

Sementara untuk tahap selanjutnya, Afruddin mengungkapkan Pihak dari Desa/Kampung saat ini sedang mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan pengajuan.

Begitupun sebut Afruddin, selain untuk realisasi alokasi dana desa (ADD) sumber ADK dan PDRD. Hingga saat ini juga tercatat masih ada Desa/Kampung sedang melengkapi pengajuan sejumlah Desa/Kampung yang belum permohonan percairan Alokasi Dana Desa (ADD) sumber DD (APBN). 

" Selain ADK, juga ada Desa/Kampung yang masih mengajukan tahapan permohonan pencairan DD tahap Kedua." Tambahnya 

Oleh sebab itu, Afruddin meminta secara tegas kepada seluruh Kampung/Desa. Terkhusus penggunaan anggaran, agar lebih koperatif membuat pengajuan untuk menghindari keterlambatan penyaluran ADD tahun ini.

Terutama, untuk melengkapi sejumlah persyaratan - persyaratan pengajuan untuk tahap berikutnya. Seperti pembuatan Surat pertanggungjawaban (SPJ), dan syarat lain.  

Sekedar diketahui, selain Alokasi Dana Desa (ADD) sumber ADK dan PDRD. Juga Alokasi Dana Desa (ADD) itu sumber DD untuk masing - masing Desa/Kampung tahun  ini sedikit terkurangi bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar