Data sementara, Pendaftar KIP Kuliah di Universitas Abulyatama Banda Aceh sudah capai 25 orang

KBRN, Aceh Singkil:  Peluang kuliah melalui jalur beasiswa terus diupayakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil .  Saat ini, Pemkab Aceh Singkil kembali menerima kuota KIP Kuliah.  Yaitu KIP Kuliah di Universitas Abulyatama Banda Aceh dengan kuota sebanyak 30 orang.  Data sementara, Pendaftar  KIP Kuliah tersebut sudah capai 25 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, Khalilullah, SPd, melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian, Herri Syahputra, kepada RRI menjelaskan pendaftaran sudah dilakukan sejak pertengahan Juni 202.  Sampai pukul 14.00, jumlah pendaftar sudah mencapai 25 orang.

“Untuk saat ini sudah mendekati, per jam 14.00 siang ini saya kontrol sama anggota, itu sudah mencapai kurang lebih 25 orang.  Cuma ada beberapa orang yang masih melengkapi berkas, ada juga beberapa orang yang terkendala jaringan.  Karena KIP Kuliah itu pendaftarannya masing-masing siswa secara online.  Ada yang terkenala jaringan karena dia verifikasi dengan NIK Anak-anak, verifikasi NISN sekolah, dan Nomor Pokok Sekolah,” kata Herri, Rabu (13/07/2022)

,

Ditambahkan Herri, proses selanjutnya, calon penerima KIP Kuliah akan mengikuti seleksi wawancara untuk verifikasi data dengan pihak pemberi beasiswa.

“Seleksinya itu mereka mewawancara lagi, memverfikasi, memastikan, karena ini kan untuk KIP Kuliah.  KIP Kuliah itu kan semua Universitas punya kuota masing-masing. Mereka wajib memvalidasi terhadap kebenaran data yang dilaporkan oleh anak-anak.  Sehingga nanti tidak ada perbedaan antara yang didaftarkan anak-anak secara online, dengan hasil verifikasi nanti tim Kemendikbud ketika suatu saat ada turun lapangan.  Hanya verifikasi data sifatnya,” paparnya.

Herri berharap sampai batas akhir pendaftaran, seluruh kuota akan terpenuhi. Sehingga semakin banyak peserta didik di Kabupaten Aceh Singkil akan terbantu dengan beasiswa KIP Kuliah.

Adapun beasiswa KIP Kuliah diperuntukkan bagi siswa/i SMA, MA dan SMK Sederajat, yang memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi.  Serta  merupakan lulusan pada tahun berjalan atau lulus tiga tahun sebelumnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar