25 Dayah Di Aceh Singkil Terima Bantuan Perlengkapan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS)

KBRN, Aceh Singkil:  Sebanyak 25 Dayah di Kabupaten Aceh Singkil terima bantuan Perlengkapan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS).  Bantuan tersebut sumbangan dari Unicef Aceh, yang disalurkan melalui Yayasan Aceh Hijau, dengan Dengan tujuan menjaga kebersihan dan kesehatan para santri/santriwati.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Aceh Singkil melalui  Kabid Pendidikan Dayah, Putri Zuliana, S.Pd, kepada RRI, Senin (05/07/2022), mengatakan bantuan hanya diberikan kepada pesantren yang sudah memiliki ijin operasional, dan memiliki santri lebih dari 100.  Seluruh biaya pemasangan ditanggun pihak Unicef.

 “Bantuan ini diberikan kepada dayah, yang sudah memiliki ijin operasional, yang sudah mempunyai santrinya yaitu lebih kurang seratus ke atas.   Tipe yang diberikan itu ada tipe besar, maksudnya  tipe tabung air yang besar, dan ada tipe tabung air yang kecil. 

“Disini semuanya diberikan Unicef lengkap dengan acesorisnya, ada tong sampahnya dan juga ada tisunya. Dan juga pemasangan ditanggung  oleh Unicef. Bukan hanya distribusinya saja diberikan, tetapi pemasangan sampai dengan pengecoran ditanggung oleh Unicef,” papar Putri.

Dikatakan Putri Zuliana, jenis bantuan terdiri dari dua tipe, yaitu Tipe tabung besar dan tipe tabung kecil.  Untuk tipe tabung besar diberikan kepada 14 dayah, sedangkan untuk tipe kecil diberikan kepada 11 dayah.

“Jadi ada tipe besar, artinya disini tipe besar itu adalah tabung air yang besar.  Jadi ini ada 14 dayah yang menerima tabung air yang besar.  Yaitu dayah yang memiliki santrinya banyak. Dan selebihnya lagi ada dayah yang menerima CPTS atau Tabung air yang kecil, semacam fiber kecil, atau ember kecil.  Lengkap dengan accesoris, dengan kaki penyandangnya, juga lengkap dengan tong sampahnya,” tutur Putri.

Adapun penerimaan CPTS Tipe Kecil untuk Kecamatan Singkil diserahkan di Aula Bappeda Aceh Singkil, Senin (04/07/2022).  Sementara untuk tipe besar diserahkan oleh Koordinator Lapangan Unicef dari Yayasan Aceh Hijau, Kadaruddin.  Penyerahan dan pemasangan langsung ke pesantren-pesantren penerima bantuan.  Diharapkan bantuan tersebut memberi manfaat bagi Pondok Pesantren, khususnya untuk kebersihan dan kesehatan santri/santriwati penerima bantuan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar