Waspada PMK, Aceh Singkil Vaksinasi 300 Hewan Ternak

KBRN, Aceh Singkil:  Untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan,  Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peteranakan Aceh Singkil melakukan vaksinasi terhadap 300 hewan ternak. Vaksinasi dilakukan bekerjasaman dengan Balai Kesehatan Hewan, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Aceh Singkil, Kuatno, SP, kepada RRI mengatakan vaksin ditargetkan selama dua hari yaitu  28-29  Juni 2022, yang ditargetkan di dua Kecamatan.

 “Bekerjasama dengan Balai Kesehatan dari Medan, kemarin dan hari ini kita sudah mengadakan vaksin, vaksin PMK di Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meriah.  Dan hari ini hari kedua ini kita laksanakan di desa Trans 26, Bukit Harapan. Vaksin hewan sebanyak 300 ternak.  Yang sudah kita laksanakan 200 ternak di Simpang Kanan dan Gunung Meriah.  

Dikatakan Kuatno, dari target yang ditetapkan, 200 yang sudah divaksin pada Selasa, 28 Juni 2022, dan ditargetkan hari ini 100 vaksin.

 “Vaksin hewan sebanyak 300 vaksin.  Yang sudah terealisasi itu di desa Jati Rejo di Blok 7, 100 ekor untuk Simpang Kanan. Kalau untuk Gunung Meriah, kemarin di Blok 15 dan arah ke Sanggaberu, itu 100 ekor, mencapai target.  Hari ini, target kami 100 ekor ke Trans 26 Bukit Harapan,” kata Kuatno.

Lebih lanjut Kuatno mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi, pihaknya didampingi oleh Kepolisian, TNI, dan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil.  Diharapkan dengan pelaksanaan vaksinasi PMK terhadap ternak hewan, akan mencegah penyebaran PMK di Aceh Singkil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar