Daging Kurban Untuk Aceh Singkil Dipastikan Mencukupi Untuk Idul Adha

KBRN:  Ketersediaan daging kurban di Aceh Singkil dipastikan mencukupi untuk Lebaran Idul Adha 1443 Hijirah.  Meski Aceh Singkil masih memperketat kedatangan hewan ternak dari daerah lain, namun stok hewan yang ada di Aceh Singkil diperkirakan  mencukupi untuk kurban.

Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, Tanaman Pangan, dan Peternakan  Kabupaten Aceh Singkil, Kuatno, SP, kepada RRI mengatakan ketersediaan hewan masih akan dipasok dari peternak yang ada di Aceh Singkil.

“Untuk Hari Raya Kurban untuk daerah ini kita cukup, Insya Allah  cukup. Lembu kita banyak disini, cukup banyak.  Peternak banyak dia letaknya di kebon perusahaan.  Kalau untuk lembu, untuk persediaan cukup,” papar Kuatno.

Terkait harga daging pada  Hari Raya Kurban mendatang, Kuatno memperkirakan akan mengalami kenaikan.

“Karena ada gejala mengenai penyakit, tidak bisa masuk dari luar, harga  naik.  Saya yakin harga naik,” tuturnya.

Untuk menjamin kesehatan hewan yang akan  dikurbankan, Kuatno sangat mengharapkan kerjasama seluruh agen.  Ia menghimbau para agen apabila hendak memasukkan hewan  ke Aceh Singkil, harus mengikut persyaratan  yang berlaku.

“Toke-toke ternak janganlah memasukkan ternak dari daerah yang sudah kena.  Itu secara ga langsung menularkan. Tapi kalau dari yang belum kena ya silahkan.  Tapi harus pakai persyaratan.  Surat kesehatan dari desa mana.  Kalau itu sudah pegang, penyakit ga kita terima,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar