Perbub Pagu Definitif Terlambat, Penyaluran ADK APBK 2022 di Singkil Terhambat

Terlihat petugas verifikasi DMPK Singkil bersama dengan Kades dari Kecamatan Suro

KBRN, Singkil : Meski telah memasuki awal triwulan kedua, sebanyak 116 Desa/Kampung yang tersebar di 11 Kecamatan Se- Kabupaten Aceh Singkil, dikabarkan hingga kini belum dapat memperoleh Alokasi Dana Desa tahun 2022. 

Terutama, Alokasi Dana Kampung (ADK) dan  Pendapatan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) sumber APBK 2022.

Padahal, sumber alokasi tersebut diperuntukkan pembayaran gaji (honor) dan tunjangan Kepala Kampung dan Perangkat Desa. Serta, untuk pembiayaan operasional Kantor Desa setiap tahunnya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Singkil, melalui petugas Verifikasi Kelengkapan Dokumen Dana Desa dan Bantuan Subsidi. Iwan, kepada RRI beberapa hari yang lalu.

" Hingga saat ini, belum ada satu Desa/Kampung yang sudah menerima ADK." Sebut Iwan, Selasa (19/04/2022)

Menurutnya, hal tersebut terjadi hampir setiap tahunnya, karena disebabkan lambanya Peraturan Bupati (Perbub) tentang Pagu Definitif Alokasi Dana Desa. Terutama, Sumber ADK dan PRDD. Dimana, legal drafting pagu definitif Alokasi Dana Kampung (ADK) tersebut di keluarkan oleh DPMK.

Padahal, kata Iwan draf pagu Definitif Alokasi Dana Kampung (ADK) dan PDRD ini, sangat di butuhkan untuk merincikan Alokasi Dana Dana di APBD sebagai salah satu syarat proses pencarian sesuai DPA. 

" Idealnya Perbub pagu definitif ini dibuat pada saat penyusunan anggaran." Tambahnya 

Ditempat terpisah, Kepala DPMK Aceh Singkil melalui Kabid Penataan, Kerjasama, Administrasi Pemerintahan Mukim dan Kampung.  Rustam, kepada RRI menyebutkan. Terlambatnya penyaluran ADK sumber APBK di sebabkan karena belum adanya diterima dari BPKK surat tentang syarat - syarat penyaluran ADK yang di harus di persiapkan masing - masing.

" Sampai hari ini, terkait surat rincian sejumlah persyaratan permohonan penyaluran ADK Sumber APBK dari BPKK belum kita terima." Kata Rustam, Kamis (21/04/2022)

Sementara Surat Keputusan (SK) tentang pagu definitif, Alokasi Dana Kampung (ADK) sumber ABPK tahun 2022. Rustam menyampaikan tinggal menunggu pengesahan pimpinan (Bupati).

" Untuk Perbub pagu definitif kita masih menunggu tanda tangan Bupati." Tutupnya 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar