Peralihan Dana Bergulir Eks PNPM Ke BUMDesMa, DPMK Akan Memanggil Kembali Pengurus UPK

Azwir, SH. Kadis DPMK Aceh Singkil

KBRN, Singkil : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Aceh Singkil, bakal memanggil kembali Pengurus Unit Pengelola Kecamatan (UPK)  di 11 Kecamatan Se- Aceh Singkil.

Pemanggilan kedua ini dilaksanakan, sebagai wujud tindak lanjut dari transformasi Pengelolaan dana bergulir eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. 

" Berdasarkan hasil rekomendasi rakor yang sudah kita ikuti, Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) seluruh pengurus UPK akan kita panggil kembali." Sebut  Kepala DPMK Aceh Singkil, Azwir, SH.

Kemudian,  selain memanggil dan duduk bersama kembali dengan pihak Kecamatan untuk membahas tentang rencana transformasi Pengelolaan dana bergulir eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. 

Juga kedepan, Azwir akan segera berkonsultasi dengan tim Aparat Pengawas Intern Pemerintah (Inspektorat) setempat. Guna,  untuk melakukan Reviuw pelaporan kegiatan pengelolaan Dana bergulir Eks PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Aceh Singkil selama ini. Serta melihat seluruh aset dan kondisi badan hukum Eks PNPM Mandiri sebelum di alihkan pengelolaannya ke BUMDes bersama.

" Kita juga akan meminta bantuan dari temen - temen APIP " Tambahnya 

Sekedar diketahui, wacana transformasi Pengelolaan dana bergulir eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. Merupakan amanah dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Pasal 73 Peraturan Pemerintah (PP) 11/2021 tentang BUMDes.

Dimana kedepan, Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Eks PNPM Wajib Dibentuk Menjadi BUMDes Bersama.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar