Gapura Tauhid di Aceh Singkil Jadi Simbol Gerbang Kota Sufi

bupati_aceh_singkil_dulmusrid_bersama_ketua_mptt_i_abuya_syeikh_h_amran_wali_al_khalidi

KBRN Aceh Singkil : Bupati Aceh Singkil Dulmusrid meresmikan bangunan Gapura Tauhid Tasawuf. yang menjadi simbol gerbang kota sufi, Selasa (18/1/2022).

Gapura itu berdiri kokoh di Jalan Singkil-Rimo, Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil. Gapura adalah bentuk penegasan bahwa Kota Singkil juga merupakan salah satu asal ajaran Tauhid Tasawuf. yang dibawa oleh Syekh Abdurrauf As-Singkili.

 Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mendukung penuh keberadaan Gapura Tauhid Sufi di Aceh Singkil menjadi gerbang ikonik.

 "Mudah-mudahan dengan peresmian gapura ini, masyarakat Aceh Singkil dapat mengenang serta mempelajari ilmu yang dibawa oleh leluhur mereka yaitu Syekh Abdurrauf as-Singkili," ujarnya.

 Acara dimulai dengan pembacaan samadiah dan zikir, dimana dalam momen itu turut dihadiri Ketua Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf Indonesia (MPTTI) Abuya Syekh H. Amran Waly al-Khalidi.

Abuya mengatakan, beberapa tahun yang lalu di Meulaboh juga telah didirikan Gapura Tauhid Tasawuf. Namun rasanya kurang tepat. Pasalnya, ajaran kesufian ini lebih cendrung mayoritas berasal dari Singkil.

Acara ditandai juga dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Bupati Aceh Singkil bersama Abuya.  turut dihadiri Camat Singkil, para kepala SKPK, tokoh-tokoh ulama, masyarakat yang dengan semangatnya datang untuk menyaksikan peresmian gapura tersebut.

 Sebagaimana diketahui bangunan Gapura tersebut bersumber dari dana APBK 2021 dengan nilai anggaran ratusan juta rupiah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar