Tenaga Dokter Kosong, Sejumlah Layanan di Puskesmas Singkohor Ditutup

UPTD Puskesmas Singkohor, Aceh Singkil, Aceh.
Saat dikonfirmasi RRI, Safriandri AMK, SKM. Kapus Singkohor, Aceh Singkil

KBRN, Singkil : Tercatat beberapa hari terakhir, tenaga dokter umum di UPTD Puskesmas Singkohor, Aceh Singkil, Aceh, mengalami kekosongan. Akibatnya, sejumlah layanan terutama di bagi Untuk poli umum sementara waktu di berhentikan.

Antara lain,  layanan di Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam. Kemudian layanan di bagian rawat inap dan layanan penerbitan surat keterangan berbadan sehat. 

Hal tersebut di benarkan Kepala UPTD Puskesmas Singkohor, Aceh Singkil, Aceh. Safriandri A.MK. SKM, saat di konfirmasi RRI. Selasa (09/08/2022).

" Mulai hari ini, layanan di poli umum sementara ditutup. Sementara untuk rawat inap sudah dari kemaren." Sebut Safriandri melalui telepon selulernya. 

Diterangkannya, sejak akhir Juli 2022 UPTD Puskesmas Singkohor sudah tidak memiliki tenaga dokter. Bahkan beberapa bulan terakhir, sebutnya Safriandri Puskesmas Singkohor hanya mengandalkan tenaga bakti tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Puskesmas tersebut.

" Kita sudah sampaikan kepada Dinas Kesehatan. Namun, sampai hari ini dokter pengganti belum ada masuk." Tambahnya 

Sementara tenaga dokter yang lama dipindahkan tugaskan, dan tenaga dokter yang baru ditempatka oleh Pemerintah setempat di Puskesmas tersebut, saat ini sedang melakukan cuti melahirkan.

Lebih lanjut diungkapkan Safriandri, dengan kosongnya tenaga dokter di Puskesmas itu. Akan tetapi, sejumlah masyarakat di Daerah itu butuh pelayanan. Ia berharap kepada Pemerintah melalui Dinas terkait bisa mencari menunjuk tenaga dokter yang baru.

Ditempat terpisah, ketika dikonfirmasi RRI Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes). H. Subarsono, melalui Sekretaris Dinkes., Haryono, S. KM menyebutkan. Khusus untuk mengisi kekosongan tenaga dokter umum di Puskesmas tersebut, saat ini Pj. Bupati Aceh Singkil, Aceh. Marthunis Muhammad, ST, DEA, sudah ada menunjuk tenaga dokter umum lainnya akan bertugas dan memberikan layanan  di UPTD Puskesmas Singkohor, Aceh Singkil, Aceh.

Untuk itu, Kata Haryono, agar pelayanan terutama Poli Umum dapat segera efektif seperti biasa. Ia menegaskan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang telah di keluarkan oleh PJ. Bupati Aceh Singkil kepada  dokter yang bersangkutan, diminta d segera melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Hal ini menurut Haryono perlu, agar sejumlah layanan di Poli Umum, Seperti layanan UGD, rawat inap dan sejumlah lainnya bisa pulih seperti sedia kala.

" Pak Bupati sudah ada menempatkan dokter umum yang baru untuk Puskesmas Singkohor." Jawab Haryono saat dikonfirmasi RRI dengan singkat.

Informasi yang berhasil dihimpun, terkendalanya sejumlah layanan di UPTD  Puskesmas Singkohor, hanya pada layanan poli umum. Sedangkan Layanan lain, sperti pelayanan bagi ibu bersalin, konseling, Posyandu, Catin tetap berjalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar