Cegah Generasi Stunting Dengan Pemberian Tabet Merah Untuk Remaja Putri

KBRN, Aceh Singkil: Untuk pencegahan generasi stunting sangat penting memberikan tablet merah/tablet penambah darah untuk remaja putri.  Upaya ini merupakan salah satu program percepatan penurunan stunting

Nutrition Officer UNICEF Perwakilan Aceh, dr. Natasya Phebe, kepada RRI menjelaskan sesuai dengan strategi percepatan penurunan stunting, ada dua kelompok umur yang harus mendapatkan suplementasi si tablet merah, termasuk remaja.

 “Sebenarnya kelompok umur yang harus mendapatkan suplementasi si tablet merah.  Yaitu kelompok Ibu Hamil dan Remaja.  Ibu Hamil itu dapatnya minimal 90 tablet selama kehamilan.  Sedangkan remaja minimal 52 tablet selama satu tahun, artinya satu tablet satu minggu,” kata dr. Natasya.

“Keduanya merupakan program Pemerintah. Kalau kita boleh bilang, untuk remaja ini sejak 2016, masuk dalam program resmi.  Dan di dalam strategi nasional penurunan stunting ini termasuk dalam intervensi prioritas gizi spesifik,” papar dr. Natasya.

Dikatakan dr. Natasya, pemberian tablet penambah daerah untuk remaja putri sangat penting, tidak hanya untuk mencegah putri mengidap anemia.  Tetapi juga untuk investasi tiga masa.

“Remaja ini posisi nya strategis, jadi ketika kita mencegah remaja anemia. Kita sedang berinvestasi pada tiga masa. Tiga masa artinya yang pertama, masa kehidupan.  Remaja yang sekarang, pada masa remaja sekolah, artinya kita mencegah anak-anak remaja anemia. Dengan mencegah kekurangan hemoglobin yang terjadi.  Jadi itu investasi di masa sekarang bagi remaja,” kata dr. Natasya.

“Investasi yang kedua bagi remaja ini adalah, investasi di masa  yang akan datang.  Sebenarnya kita menyiapin remaja ini untuk jadi ibu hamil yang sehat. Itu, berarti di tahapan kedua, investasi yang kedua, kita sedang mempersiapkan calon-calon Ibu hamil yang sehat,” tambah dr Natasya.

“Investasi yang ketiga, sebenarnya pada saat kita cegah remaja anemia, sebenarnya sedang investasi kepada generasi yang akan datang.  Kita mencegah stunting. Jadi penting sekali,” tuturnya.

dr Natasya sangat berharap semua komponen masyarakat, mulai dari Pemerintah Daerah sampai dengan Pemerintah Desa, bahkan pihak sekolah  ikut berpartisipasi mensukseskan program pemberian tablet penambah daerah tersebut kepada para remaja putri, khususnya remaja putri di Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar