Tersandung Kasus Korupsi, 7 ASN Aceh Singkil Resmi di Berhentikan

Hafnidanur, Kabid PSDA BKPSDM Aceh Singkil saat di konfirmasi RRI. Rabu (20/04/2022)

KBRN, Singkil : Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil, resmi menerima Surat Keputusan (SK) Pemecatan 7 Aparatur Sipil Negera (ASN) di Kabupaten Aceh Singkil yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten setempat. Dalam hal ini Bupati, (Dulmusrid).

Proses Pemberhentian  Dengan Tidak  Hormat (PDTH) itu, disebabkan karena  oknum ASN ini tersandung kasus korupsi yang telah memiliki hukum tetap dari Pengadilan. Serta berdasarkan hasil koordinasi pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, dan arahan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

" SK Pemberhentian sudah kita serahkan kepada yang bersangkutan." Kata Kabid PSDA BKPSDM Aceh Singkil. Hafnidanur, yang didampingi Kasubbid PSDA. Nana Ismail,  Rabu (19/02/2022).

Lebih lanjut di jelaskan Hafnidanur, Ketujuh PNS ini dikenakan sanki berat ASN (Pemecatan), sesuai dengan undang - undang Nomor 5 tahun 2014. Pasal 7 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) karena terbukti melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan dan/atau pidana umum.

Sekedar diketahui kasus tujuh ASN Pemkab Aceh Singkil itu, beberapa diantaranya merupakan kasus lama yang baru terbuka karena sudah ada keputusan inkrah dari Pengadilan.  Bahkan, 3 dari 7 ASN yang dipecat  sempat kembali aktif bekerja sebagai PNS Pemkab Aceh Singkil sambil menggugat (banding).

" Benar, mereka sempat bekerja lagi dan menerima penghasilan (Gaji). Kemungkinan, akan ada pengembalian setelah di lakukan pemeriksaan oleh APIP."  Tambahnya 

Ditempatkan yang sama, Kepala BKPSDM Aceh Singkil. Ali Hasmi merasa prihatin dengan kasus yang menimpa tujuh PNS Pemkab Aceh Singkil yang diberhentikan dengan tidak hormat karena tersandung kasus korupsi.

" Sebenarnya kita sangat prihatin. Namun, karena amanah aturan harus tetap kita eksekusi." Terang Ali Hasmi

Untuk itu, ia berpesan kepada 3.250 PNS yang tersebar di Aceh Singkil hal serupa tidak terulang kembali.

Serta diungkapkan Ali Hasmi, setidaknya dari kasus tersebut dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga bagi individu ASN masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar