Tjahjo Kumolo Nilai Kinerja Ketua KPK

KBRN, Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menilai baik kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat dipimpin Komjen Firli Bahuri.

Firli dinilai berhasil mengaplikasikan Undang-undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Saya pikir dengan UU baru ini, KPK semakin menemukan performance pemberantasan korupsi di bawah Ketua KPK Komjen Purnawirawan Firli," kata Tjahjo melalui keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Tjahjo menilai strategi Firli dalam memberantas korupsi di Indonesia dengan beleid itu sudah tepat. Pemberantasan korupsi di Indonesia dinilai lebih baik di tangan Firli.

"KPK menegakkan hukum sesuai UU yang berlaku, tidak tebang pilih," ujar Thahjo.

Tjahjo juga menilai Firli tegas dalam menindak pelaku korupsi di Indonesia. Beberapa tangkapan kakap seperti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, dan eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditindak Firli tanpa ampun.

"OTT (operasi tangkap tangan) KPK jadi bukti lembaga ini tidak tebang pilih, sebagai bukti, OTT KPK terhadap menteri, pihak swasta, para kepala daerah, dan para pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN)," tutur Tjahjo.

Tjahjo meminta Firli untuk mempertahankan taring KPK. Dia meminta Firli tidak segan menindak menteri jika berani korupsi ke depannya.

"Tentunya sebagai salah satu instrumen penindakan OTT harus ditingkatkan terus," tegas Tjahjo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar