Ada Wabah PMK, Pemkab Pastikan Ternak di Aceh Singkil Aman

Petugas terlihat sedang melakukan penyemprotan Disinfektan pada kandang ternak warga Singkil

KBRN, Singkil : Tidak hanya melakukan penyemprotan disinfektan sejumlah kandang ternak masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil, sebagai aksi mengantipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. 

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan,  memastikan bahwa hewan ternak di wilayah Aceh Singkil dalam keadaan aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Terutama, menjelang Idul Adha.

Hal itu disampaikan Kuatno SP.  Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Aceh Singkil, disela - sela melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah kandang hewan ternak warga dan pemberian vitamin kepada sejumlah ternak di Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil.  Jum'at (20/05/2022).

" Sejauh ini ternak - ternak yang kita temui belum ada terkorfirmasi positif PMK." Terang Kuatno 

Sebelumnya, menurut Kuatno. Meskipun belum adanya laporan atau kasus ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku di temukan di Aceh Singkil. 

Akan tetapi, dirinya meminta kepada  warga setempat tetap untuk waspada.  Terutama, bagi para pedagang daging, dan peternak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Sedangkan salah satu upaya, agar hewan di Aceh Singkil tercegah dari  wabah PMK. Ia menegaskan, tim dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Aceh Singkil, masih tetap  menjaga sejumlah pintu masuk perbatasan menuju Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. 

" Kita berharap para pedagang tidak membawa ternak dari luar daerah jika tidak dilengkapi dengan surat - surat dari tempat asal ternak." Tutupnya 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar