Akupresur Mandiri Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Foto ilustrasi Akupresur : Istimewa

KBRN, Jakarta : Meski berada di rumah, menjaga kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh penting dilakukan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Ada banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mengkonsumsi makanan kaya nutrisi, serta berolahraga, melakukan akupresur mandiri dengan cara yang benar secara rutin dapat memperkuat kekebalan alami tubuh. 

Dikutip dari laman instagram Rumah Sakit Universitas indonesia (RSUI) waktu yang rutin melakukan akupresur adalah sebanyak minimal 2 kali per hari.

Ada empat titik akupresur yang juga merupakan titik akupunktur untuk meningkatkan sistem imun.

Pertama adalah titik LI 11 yang berlokasi di ujung garis lipatan siku pada saat siku di tekuk. Kedua titik LU 7 yang terletak di dua jari dari pergelangan tangan di sisi ibu jari.

Ketiga titik LI 4 di punggung tangan antara ibu jari dan jari telunjuk. Dan keempat titik ST 36 terletak empat jari di bawah lutut di sisi luar kaki

Cara melakukan akupresur mandiri adalah sebagai berikut.

1. Cari posisi nyaman untuk melakukan akupresur misalnya duduk bersandar atau dalam posisi duduk bersila

2. Lakukan akupresur dari tubuh bagian atas ke bawah

3. Dimulai dengan menekan titik LI11, LU7, dan LI 4 tangan kanan secara berurutan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk kiri, kemudian lakukan hal yang sama terhadap titik LI11, LU7, dan LI 4 di tangan kiri menggunakan ibu jari atau jari telunjuk kanan, terakhir lakukan penekanan titik ST 36 di kaki kanan dan kiri secara bersamaan

4. Penekanan dilakukan selama 15-30 hitungan (15-30 detik) per titik

5. Kekuatan penekanan sampai 1/3 kuku ujung jari terlihat memucat

6. Penekanan dilakukan sambal menarik napas dalam dan tenang

Untuk pemeliharaan sistem imun, lakukan 5 menit akupresur ini selama 2x sehari (pagi dan malam). Bila tubuh dirasakan kurang sehat, frekuensi akupresur dapat dilakukan 3x sehari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00