Banten Sumbang 15 Medali untuk Kontingen Indonesia di SEA Games Filipina

KBRN, Serang : Perhelatan pesta olahraga negara Asia Tenggara atau SEA Games 2019 resmi berakhir pada hari ini, Rabu (11/12/2019). Hasil akhir mendaulat tuan rumah Filipina sebagai juara umum dengan raihan medali paling banyak.

Sementara kontingen Indonesia hanya menempati posisi keempat klasemen perolehan medali dengan meraup total 267 medali, terdiri atas 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Dari seluruh perolehan medali untuk Indonesia, itu, atlet asal Provinsi Banten ikut memberi andil. Pasalnya, dari 25 atlet terbaik asal Banten yang dikirimkan ke SEA Games 2019, 15 atlet diantaranya sukses mendulang medali.

"Ya, atlet Banten menyumbang 15 medali, yaitu 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu untuk Indonesia," ungkap Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo, saat ditemui di kantornya, Rabu (11/12/2019) siang.

Rumiah memaparkan, lima medali emas disumbangkan masing-masing oleh Rio Danu Utama Tjabu sebanyak 1 emas, dari Cabang Olahraga (Cabor) menembak nomor Pistol dan M Fajar Faturahman dari Cabor dayung nomor Perahu Naga sebanyak empat emas. Bedanya, Rio turun di nomor perorangan sedangkan Fajar seluruhnya di nomor beregu.

Lima medali perak masing-masing diraih oleh Hadika Aubrey Rasendriya dari Cabor menembak nomor perorangan Senapan, Fajar Faturahman dari Dayung Perahu Naga, Syerina dari judo beregu putri, Monica Isella dari softball putri, dan Hadi Hidayat dari hoki kolam beregu 6x6.

Sementara, medali perunggu didonasikan oleh Hadi Hidayat masih di hoki kolam beregu 4x4, satu perunggu, Livia Iriana dari hoki kolam beregu 6x6, satu perunggu, Carmelita Cassandra dan Zefanya Laisina yang turun di hoki kolam beregu 4x4 menyumbang satu perunggu. 

Lalu Ray Santoso, Andersen Lim, Jericho Gaffar, Diva Fabil, dan Anhar yang turut menyumbang satu perunggu dari Baseball putra serta Kyandra Susanto yang ikut mempersembanhkan satu perunggu  dinomor perorangan Skateboarding.

"Mereka sudah ikut mengharumkan nama bangsa dan Provinsi Banten khususnya. Sebagai penghargaan, kami akan berikan mereka dana pembinaan," katanya lagi.

Dana pembinaan untuk atlet berprestasi memang rutin dianggarkan KONI Banten untuk para atlet yang turun di ajang nasional dan internasional. Namun Rumiah masih merahasiakan besarannya. 

Rencananya, pemberian penghargaan kepada para atlet peraih medali di SEA Games ini akan diserahkan langsung Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Kita masih lihat kesediaan waktu Pak Gubernur untuk menerima kehadiran para atlet sekaligus menyerahkan penghargaan," pungkas mantan Kapolda Banten ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00