Ini Alasan Anda Harus Kurangi Kantong Plastik

Ilustrasi kantong plastik sekali pakai (Foto: iStock)

KBRN, Jakarta: Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan sudah berlaku efektif pada Rabu (1/7/2020) kemarin. Penggunaan kantong plastik pun bakalan dilarang di wilayah Ibukota. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan bahwa Pergub tersebut akan mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat untuk menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

"Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di tempat-tempat tersebut," kata Andono dalam keterangannya pada Rabu (10/6/2020) lalu.

Lalu, mengapa kantong plastik harus dikurangi? Berikut aneka dampak buruk:

1. Mengancam Kehidupan di Laut

Sekitar 100.000 hewan yang tinggal di laut akan terbunuh setiap tahunnya karena menelan kantong plastik. Sistem pencernaan hewan di laut tidak bisa memproses bahan ini sehingga menyebabkan gangguan kesehatan yang kronis dan berujung pada kematian. 

Banyaknya sampah plastik di laut menjadi penyebab utama para hewan di laut jadi mati. Untuk itu, mari sama-sama kurangi penggunaan kantong plastik dan bahan plastik ya!

2. Mengotori Lingkungan

Tanah tidak bisa cepat menguraikan sampah kantong plastik. Kemudian, hal ini menyebabkan sampah tertimbun dan mencemarinya. 

Jika dibakar, udara akan kehilangan kesejukannya, sedangkan kalau dibiarkan saja akan membuat lingkungan kotor. Untuk itu, satu-satunya cara adalah bagaimana Anda mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

3. Menghabiskan Energi

Proses pembuatan plastik dapat menghabiskan banyak energi. Untuk membuat satu botol plastik dibutuhkan air sebanyak 3-5 liter. Selama satu tahun, pabrik plastik membuang CO2 sekitar 2.500.00 ton ke udara.

Masih banyak yang bingung pengganti kantong plastik itu apa? Gampang, Anda hnya perlu membeli tas ramah lingkungan, ada banyak resuable bag yang bisa digunakan untuk menampungnya. 

Selain harganya murah, modelnya juga lucu-lucu dan bisa dilipat seperti dompet. Penggunaan resusable bag tentu akan mengurangi sampah plastik di bumi dan dapat menyelamatkan hewan-hewan di alam liar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00