Cara Ampuh Dampingi Anak Belajar di Rumah

Ilustrasi orang tua dampingi anak belajar Foto: Shutterstock

KBRN, Jakarta: Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) ikut terkena dampak akibat pandemi corona jenis baru atau covid-19, aktivitas KBM saat ini dilakukan secara daring.

Perubahan ini membuat guru, orang tua dan anak harus sama-sama beradaptasi, terutama guru dan orang tua harus ekstra sabar menghadapi anaknya.

Berikut tips mendampingi anak berlajar di rumah agar tidak bosan:

1. Persiapkan pelajaran 

Sebelum menemani anak belajar, sebaiknya Anda mempersiapkan anak agar mempelajari pelajaran yang akan diberikan besok. Buat anak mengenali pelajaran demi pelajaran, gunakan media buku, modul dan bahan pelajaran dari guru.

Pastikan sebelum belajar, Anda mendiskusikan rencana pembelajaran dengan guru sekolah anak, buat jadwal agar teratur, memastikan tempat dan fasilitas belajar di rumah nyaman untuk anak.

2. Pantau anak setelah belajar

Buat lembar aktivitas kemudian arahkan si kecil merangkum apa yang sudah dipelajari secara singkat. Berikan tanda tangan setelah anak merangkum.

Anda harus membuat anak mengerti dengan kebiasaan ini agar anak tidak mudah lupa dengan yang sudah dipelajari.

3. Aktif berdiskusi dengan guru

Setiap haru anda harus secara aktif berdikusi dengan guru yang bersangkutan mengenai kendala anak terhadap proses pembelajaran daring.

Adanya hal ini akan membantu Anda untuk mencari solusi terbaik.

4. Memahami materi secara unik

Bagian menghapal adalah bagian yang paling malas dilakukan oleh anak. Anak biasanya bosankarena butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghapal materi apalagi sampai kedetail-detailnya.

Anda bisa lakukan dengan berbagai cara agar anak cepat hapal dan paham materi yang telah dipelajari. Anda dapat bermain dengan warna, coba lakukan menulis catatan dengan berbagai warna, cara ini akan membantu Anda untuk mengingat bagian-bagian materi tertentu karena terbantu oleh warna bolpoin.

Kemudian anda dapat membuat lagu berdasarkan materi si kecil agar dapat membantumu cepat menghapal, atau Anda coba buat singkatan-singkatan dari materi tersebut.

5. Membatasi penggunaan gadget

Jika anak Anda ingin fokus belajar, usahakan Anda jangan bermain gadget dihadapannya, sebab hal itu dapat membuat anak terdistract kemudian dia mulai ikut jenuh. Anak akan menganggap orang tuanya tidak sepenuhnya menemani dia belajar daring.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00