Media Massa Bisa Dukung Kegiatan Pemilu 2019 Agar Berjalan Damai

KBRN, Mataram : Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, Rabu (13/2/2019) sore sesaat sebelum meninggalkan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), meminta kepada Media Massa dapat bersinergitas bersama TNI Polri, khususnya dengan penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu, sebagai pengawas dalam menyukseskan Pemilu 2019.

Menurut Pangdam,   sinergitas itu diperlukan untuk  memberikan ketenangan kepada masyarakat, melalui pemberitaan yang menyejukkan.

Peran media massa, dalam Pemilu kata pangdam, pertama, memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak golput dan berdatangan ke setiap TPS-TPS. Karena keberhasilan demokrasi salah satu tolak ukurnya partisipasi masyarakat dalam proses Pemilu dan kedua, media melalui tulisannya, mampu membuat suasana menjadi dingin atau panas.

“Oleh karena itu, kami mengajak anda bertanggungjawab dan bijak dalam menulis berita. Saya yakin anda lebih paham itu,” ucap Pangdam.

Pangdam menegaskan, obyek dalam Pemilu adalah masyarakat. Sedangkan penyelenggaranya pihak KPU dan Bawaslu sebagai pengawas, TNI-Polri dalam hal ini sebagai pendukung sesuai dengan tugasnya melakukan pengamanan. Sementara media dapat mengelola dan menciptakan suasana sesuai isi tulisan.

“Obyeknya inilah di  oleh kita semua. Kami melaksanakan tugas sebagai fungsi kami dan anda mampu menciptakan suasana, begitu anda membuat berita panas melulu, maka panaslah yang terjadi,” beber Pangdam.

Karena itu, ia mengajak seluruh media massa bersinergi dan mensupport program demokrasi sehingga pesta demokrasi bangsa betul - betul tercapai dengan tolak ukur damai dan koridor hukum berjalan dengan baik.

Menyinggung, keamanan  wilayah Kodam IX/Udayana yang terdiri dari tiga provinsi secara keseluruhan sampai saat ini masih aman, meskipun ditingkat nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dianggap termasuk daerah yang dipetakan berwarna merah. Namun itu diambil dari eskalasi Pilkada.

"Kita doakan saja pada pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, dapat berjalan lancar, aman dan sukses di wilayah NTT," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00