Bawaslu Kendal Tertibkan APK Branding di Angkutan Umum

KBRN, Kendal : Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kendal menertibkan Alat Praga Kampanye (APK) Branding yang berada di angkutan umum. Pada operasi yang dilakukan Bawaslu bekerja sama dengan Kepolisian, Dishub dan Satpol PP.

Selama proses pelepasan Branding, supir angkutan umum melepas sendiri dengan dibantu pihak satpol PP. Sebelumnya Bawaslu telah memberikan pemberitahuan tentang kegiatan penertiban APK kepada tim sukses (timses).

Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani menjelaskan, penertiban APK Branding di angkutan umum lantaran adanya surat edaran 1990 no 8 dari Bawaslu RI, yang menegaskan bahwa pelarangan memasang APK di angkutan umum dan kendaraan pemerintah.

Sementara untuk data yang masuk dari kecamatan terdapat 61 angkutan umum, namun Odilia Amy Wardayani menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan jumlah akan bertambah.

“Menanggapi surat edaran 1990 no 8 dari Bawaslu RI, kita melakukan penertiban APK Branding khusus di angkutan umum. Kita bekerjasama dengan pihak terkait lain dalam operasi yang dilakukan, sementara untuk data yang masuk ada 61 kendaraan, tapi tidak menutup kemungkinan ada lebih sehingga saat ini kita turun langsung ke lapangan,” Jelas Ketua Bawaslu Kendal, Kamis (3/1/2019).

Di sisi lain salah satu pengemudi angkutan umum, Wahyudi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui jika ada larangan atau peraturan tersebut. Adapun pemasangan branding tersebut pihaknya tidak mengetahui berapa lama jangka pemasangan, ia juga mengaku diberi upah Rp100 ribu.

Sedangkan penertiban tersebut berlangsung karena tidak adanya tindakan dari timses setelah surat peringatan diberikan oleh Bawaslu. Untuk meningkatkan peraturan, saat ini Bawaslu turut memberikan surat edaran kepada Dishub jika menemukan angkutan yang memiliki APK Branding untuk dilakukan pelepasan atau melepas sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00