Geger Bendera Bulan Bintang Dikibarkan, Polisi Bersiaga

Bendera bulan bintang berkibar di depan kantor DPA-PA Pusat di Banda Aceh pada peringatan hari damai Aceh ke-15 tahun. Foto : ist

KBRN, Banda Aceh: Masyarakat pada sejumlah wilayah di Aceh digegerkan atau dikejutkan dengan penampakan bendera bulan bintang, yang identik dengan bendera miilik separatis Gerakan Aceh Merdeka (GAM), dikibarkan tepat pada hari peringatan 15 damai Aceh, Sabtu (15/8/2020). 

Pantauan RRI, bendera berwarna merah hitam itu salah satunya terpasang di tiang bendera depan kantor Dewan Pimpinan Aceh-Partai Aceh (DPA-PA) Pusat, jalan T Muhammad Hasan, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh.  

Nampak, sejumlah orang melakukan penghormatan dan disela-sela pengibaran bendera itu juga dikumandangkan adzan. Posisi bendera bulan bintang itu ditempatkan di bawah bendera merah putih dan sejajar dengan bendera partai Aceh. 

Berselang waktu kemudian, sekitar pukul 12.45 WIB, bendera bulan bintang itu sudah diturunkan. Yang terlihat masih berkibar adalah bendera merah putih dan bendera partai Aceh. 

Sejumlah aparat kepolisian masih berjaga-jaga di depan kantor DPA-PA, dan terlihat sejumlah orang berada di halaman kantor tersebut. Selain di Kota Banda Aceh, bendera bulan bintang dilaporkan juga berkibar di Kota Lhokseumawe. 

Untuk diketahui, puncak hari perdamaian Aceh yang ke-15 tahun diperingati di komplek Meuligo Wali Nanggroe Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Sejumlah tokoh yang terlibat dalam proses perundingan damai MoU Helsinki juga ikut hadir, bersama sejumlah pejabat pemerintah daerah setempat. .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00