Panas Terik, Kawasan Hutan Perbukitan Metro Sorong Terbakar

KBRN, Sorong : Cuaca terik dalam beberapa hari terakhir di Kota Sorong menyebabkan terjadinya peningkatan suhu, disertai dengan hembusan angin yang menyebabkan beberapa titik di Sorong mulai kering.

Kondisi ini diperparah dengan rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas membakar apapun di daerah kering dimaksud yang berdampak pada kebakaran hutan Metro di kawasan Sorpus yang berada di daerah dataran tinggi kota Sorong, Papua Barat.

Eko Rianto, Aktivis Lingkungan mengatakan, cuaca panas di Sorong menyebabkan suhu meningkat dan kering, akibatnya tumbuhan yang ada di atas gunung juga kekurangan air sehingga di kawasan tersebut sangat rawan jika ada percikan api dan sejenisnya, sehingga kebakaran hutan di kawasan perbukitan tidak dapat dihindarkan.

Bersama warga yang peduli melakukan pemadaman seadanya dengan menggunakan air tangki, kendati telah dilakukan namun karena keterbatasan sarana upaya tersebut tidak maksimal.

"Kebakaran ini terjadi karena disekitar sini daerah kering, panas, jadi kalau ada percikan api pasti kebakaran, kita harapkan adanya kesadaran warga kota agar tidak melakukan aktivitas yang dapat merugikan kita sendiri, apalagi hutan dikawasan perbukitan ini daerah resapan untuk cadangan air sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian," kata Eko Rianto, Kamis (24/1/2019).

Eko berharap adanya kesadaran dan partisipasi warga karena kebakaran hutan bukan saja memperngaruhi kualitas dan pasokan air namun juga berpengaruh terhadap kualitas udara bersih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00