104 ASN Kemenag Riau Ikuti Test Menjadi Petugas Haji

KBRN, Pekanbaru : Persiapan pelaksanaan ibadah haji sudah dimulai sejak awal tahun. Hari ini Kamis (13/2/2020) sebanyak 104 peserta pendaftar calon petugas haji mengikuti test tahap II di Aula Utama Kanwil Kemenag Riau. Mereka merupakan pendaftar yang lolos pada tahap pertama yaitu seleksi administrasi yang digelar tanggal 4 Februari 2020.

Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Riau H Darwison MA menuturkan Kanwil Kemenag Riau telah merilis hasil seleksi administrasi itu pada tanggal 10 Februari kemarin. Maka peserta yang lolos berhak mengikuti seleksi tahap kedua.

Darwison menjelaskan  peserta test kompetensi itu menggunakan test CAT dan wawancara. Dalam pelaksanaannya seluruh peserta menggunakan handphone android masing-masing.

Sementara itu mewakili Kakanwil Kemenag Riau, mengawali sambutan dan arahannya Kabag TU Kanwil Kemenag Riau Erizon Efendi menyampaikan permohonan maaf Kakanwil kepada seluruh peserta tidak bisa hadir bersama peserta rekrutmen test tahap II, dikarenakan sedang menunaikan ibadah umrah.

Erizon menyebut peserta yang ikut tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya.

”Jika tahun sebelumnya pada seleksi tingkat 2, kuota yang diambil dua kali lipat saja dari formasi yang ada, tahun ini mencapai 3 x lipat dari formasi," terangnya.

Sehingga TPHI berjumlah 37, TPIHI 32 dan PPIH Arab Saudi (NK) ada 35 peserta. Jumlah ini tentu akan berdampak pada kompetisi yang semakin sengit nantinya.

Namun demikian sambungnya, hal ini harusnya menjadi motivasi yang lebih baik dalam menjadi pelayan Allah di tanah suci.

“Semoga para petugas yang sudah lolos nanti betul betul mampu nantinya melaksanakan tugas secara optimal. Yang perlu diniatkan peserta adalah bertugas untuk berhaji, bukan berhaji untuk bertugas,” pesan Erizon.

Sebagai informasi usai pelaksanaan  test  CAT, pada  Pukul 10.30 WIB pagi akan dilanjutkan dengan sesi test wawancara bagi 104 peserta.

Tempat test wawancara masing-masing formasi petugas tidak sama. Untuk PPIH Arab Saudi bertempat di Aula Utama Kanwil Kemenag Riau bersama dengan Kasi Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi, Muhammad Hakam. Untuk TPHI di aula Kanwil oleh Kabid PHU H Darwison MA, TPIHI di Aula mini Kabag TU oleh Kabag TU H Erizon Efendi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00