Kloter 17 Debarkasi Makassar Menutup Pemulangan Haji Gelombang Pertama

KBRN, Makassar : Dengan membawa Jemaah Haji sebanyak 441 orang, Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA.1217 mendarat mulus di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Kamis (29/8/2019) pukul 18.59 Wita.

Kloter 17 Upg ini berisi jemaah dari sejumlah daerah diantaranya Prov. Papua (28 Orang), Prov. Maluku Utara (1 orang), Prov. Sulawesi Tenggara (1 orang). Sedangkan yang dari Prov. Sulsel yang terdiri dari Kab. Luwu (285 Orang), Kota Palopo (111 orang), Kota Makassar (8 orang) dan Kab. Bone (2 orang)

Beragamnya asal daerah dari Kloter 17 ini disebabkan karena adanya sejumlah Jemaah haji Tanazul (mutasi) masuk dari kloter lain.

Menurut Pihak PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar yang diwakili oleh H. Rappe yangbjuga Kepala Bidang Penzawa Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, bahwa Dengan Tibanya Kloter 17 di Debarkasi Makassar menandai berakhirnya Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Pertama yang diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Kloter Selanjutnya sampai terakhir yakni Kloter 40 Upg, akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Prince Muhammad Bin Abdul Azis Kota Madinah.

Dengan Datangnya jemaah haji kloter 17 ini, maka jumlah total jemaah haji asal Embarkasi Debarkasi Makassar yang sudah tiba di tanah air sebanyak 7701 orang (2900 Pria, 4801 Wanita), sedangkan Jumlah Jemaah Haji kita asal Embarkasi Makassar yang meninggal sebanyak 24 orang, dan  22 orang diantaranya wafat di Tanah Suci.

Selanjutnya, H. Rappe meminta agar jemaah haji bisa memelihara kemabruran hajinya sepanjang hayat, karena meraihnya sungguh sangat penuh perjuangan dan pengorbanan, maka jangan sia siakan pengobanan dan perjuangan kita, isilah setiap hari dikehidupan kita kedepan dengan penuh kebaiban dan keteladanan, Harapnya.

Sementara itu, Assisten I Kota Palopo yang mewakili PPIHD dan Pemerintah Daerah Terkait dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji selama ini.

Beliau hanya berpesan satu hal ke para Jemaah haji, Mari membiasakan kegiatan ibadah di tanah Suci dibawa menjadi kebiasaan di kehidupan sehari hari setibanya di kampung halaman.

Menurut data, Di Kloter ini terdapat 5 orang jemaah haji yang Mutasi atau Tanazul Masuk dan 4 Orang yang Tanazul Keluar, satu diantaranya karena Wafat di Tanah Suci pada Tanggal 10 Agustus 2019 atas nama Syamsuddin Dalle Mappellawa asal Kota Palopo.

Selain PPIH Makassar Hadir juga di acara penerimaan dan penyerahan Jemaah Haji Kloter 17 Upg ini, Kabid PHU dan Bimas Islam Prov. Papua, Staf Ahli Kota Palopo, Kakankemenag Palopo, Assisten I Kab. Luwu dan Sejumlah PPIHD Kabupaten Kota yang ada jemaah hajinya.

Sampai berita ini diturunkan, Jemaah haji asal Kota Palopo dan Kab. Luwu sudah bergerak meninggalkan Asrama Haji Sudiang Makassar dengan menggunakan sejumlah Bus yang sudah disiapkan oleh PPIHD dan Pemerintah Daerah Setempat, sedangkan yang berasal dari Provinsi lain diluar Sulsel masih transit dan diistirahatkan sementara di Wisma Haji sudiang Makassar. Adapyn jemaah haji asal Kota Makassar masing masing dijemput langsung oleh Keluarganya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00