• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Warga Desa Sambirejo Prambanan Sleman Waspada Tanah Longsor

27 February
18:53 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Warga Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Sleman dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana tanah longsor.

Salah satu Warga Dusun Kikis Desa Sambirejo Ranto (65) tahun menyatakan, dirinya  terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman  bencana tanah longsor jika terjadi hujan deras.

"Kewaspadaan diperlukan karena seminggu sebelumnya telah  terjadi tanah longsor pada  tebing di  Dusun Kikis  Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Sleman  dengan panjang sekitar 10 meter dan tinggi sekitar 6 meter," jelasnya, Kamis (27/2/2020).

Diungkapkan, bila terjadi hujan yang  terus menerus dikawatirkan  terjadi   tanah longsor dari tebing tersebut, karena pada tahun 2018 pernah terjadi tanah longsor  dan  pada Januari 2020 juga terjadi tanah longsor.

Hal senada juga diungkapkan Ibu Sugi 45 tahun warga Dusun Kikis yang selalu was-was jika   jika terjadi hujan deras bisa mengakibatkan terjadinya tanah longsor dari tebing Dusun Kikis.  

Semenatara itu, Kasi Tata pemerintahan Desa Sambirejo Tukiman mengatakan, di Desa Sambirejo yang rawan terhadap ancaman tanah longsor ada sekitar 50 KK berada di 8 Dusun diantaranya Dusun Kikis, Gedang, Sumber watu, Klengkong, dan Dawang Sari.

"Dari 50 kk tersebut yang paling rawan ancaman bencana tanah longsor ada 29 KK karena berada di bawang tebing,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah terkait untuk  mefungsikan kembali alat sirene untuk dipasang di Desa Sambirejo dan jika sewaktu-waktu  terjadi tanah longsor bisa sebagai pertanda kepada warga  terjadinya  bencana tanah longsor. Dan masyarakat diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hujan yang terus menerus. (yon/ryt/yyw).

00:00:00 / 00:00:00