• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni Budaya

Mahesa Jenar Tanding Melawan Wirosobo, Siapa Menang?

27 February
12:04 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Keluarga Kesenian Jawa RRI Yogyakarta dalam pementasan kethoprak untuk bulan Maret ini akan mengangkat petikan karya besar SH. Mintarsa dalam serial buku Nagasasra Sabuk Inten.

Sutradara pementasan, Ki Sugiman Dwi Nurseto menyebutkan, cerita Nagasasra Sabuk Inten ini berawal dari kesalah pahaman antara Nyai Wirasaba dengan Jenar.

“Nyai Wirasaba merasa tersinggung atas ucapan Mahesa Jenar yang dianggap merendahkan harga dirinya. Dia pun berjanji kelak kalau suaminya sembuh dari lumpuhnya harus bertanding melawan Mahesa Jenar,” jelasnya kepada rri.co.id, Kamis (27/2/2020).

Menurut Sugiman Nurseto, Mahesa Jenar menerima tantangan Wirasaba untk membela harga dirinya. Perang tanding antara Wirasaba dan Mahesa Jenar itu pun akhirnya benar-benar terjadi.

Pergulatan seru antara keduanya yang masing-masing mengandalkan kemampuan silat dan acting, akan dapat disaksikan oleh para penonton dan penggemar kethoprak di Auditorium RRI Yogyakarta, Jalan Afandi Gejayan, Demangan, pada Rabu 4 Maret 2020, jam 20.00 wib.

Sementara itu, Kepala Seksi Pro 4 RRI Yogyakarta, Drs. Sukamta atau yang biasa dipanggil Pakde Kamto menyatakan, pementasan kethoprak kali ini akan lebih seru lagi karena didukung oleh pemain-pemain kethoprak yang handal, seperti Dalijo Angkring, Angger Sutisna, Sipe dan Sri Lestari, dikomandani oleh Ki Sugiman Nurtseto. 

Di sisi lain, Kepala RRI Yogyakarta, Dra. Redno Desy Swasri selalu menyebut bahwa pementasan kethoprak oleh keluarga kesenian Jawa RRI, pada Minggu Pertama setiap ini, sebagai bentuk komitmen RRI Yogyakarta dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya. (yyw).

  • Tentang Penulis

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00