• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sukseskan Sensus Penduduk Online, BPS Dorong Instansi Gelar Ngisi Bareng

26 February
21:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Warga Wajib Berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020. Sensus Penduduk Secara Online Dimulai 15 Februari - 31 Maret 2020

Berdasar data sementara, jumlah responden sensus penduduk online di DIY yang sudah masuk saat ini masih rendah.

"Masih sangat rendah belum ada 5 persen. Tapi kan memang baru mulai 15 Februari ya, kami berharap Maret nanti sampai tanggal 31 meningkat banyak. Persoalan ini juga bukan hanya di Yogyakarta, tetapi di seluruh daerah di Indonesia," kata Heru Margono, Kepala BPS DIY pada Rapat Koordinasi (Rakor) dan Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Gedung Pracimosono Kompleks Kepatihan, Rabu (26/2/2020).

Sebagai upaya mewujudkan tercapainya sensus penduduk online pihaknya terus melakukan sosialisasi, dan pendekatan ke berbagai pihak agar responden sensus penduduk online terus bertambah.

Pihaknya juga mendorong instansi pemerintah maupun swasta terlibat aktif mendorong suksesnya sensus penduduk online.

"Hari ini kita rakor ya sekaligus sosialisasi. Kami berharap juga misalnya instansi dengan menggelar ngisi bareng sensus penduduk online di kantornya. Kami minggu-minggu ini juga menggelar rakorcam. Tapi memang persoalan utamanya, literasi masyarakat belum tinggi yang membuat sensus penduduk online belum sesuai harapan kita," urainya.

Sementara itu, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji saat membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan hamengku Buwono X mengapresiasi sensus penduduk secara mandiri melalui online yang menawarkan kepraktisan dan kecepatan.

Masyarakat diimbau berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online itu.

"Data sensus ini penting karena menentukan kebijakan pembangunan. Wilayah mana yang perlu penambahan fasilitas. Selain itu dengan adanya sensus penduduk maka akan terbentuk data tunggal yang merupakan data dasar komoditas penting pembangunan. tujuan dari sensus penduduk adalah mengetahui pertumbuhan penduduk sebaran dan kepadatan penduduk, atribut sosial pendidikan misal tingkat kelahiran, kematian, migrasi, dan segala faktor yang memengaruhi keadaan penduduk.

Saya mengajak seluruh penduduk untuk berpartisipasi untuk menyukseskan sensus penduduk. Kunci sukses adalah partisipasi seluruh elemen bangsa," jelasnya.

Sensus penduduk 2020 terbagi dua yakni secara online yang dilakukan 15 Februari hingga 31 Maret melalui laman sensus.bps.go.id. Kemudian cara yang kedua adalah petugas datang langsung ke rumah penduduk yang belum mengisi sensus online pada 1-31 Juli 2020.(wur/joel)

  • Tentang Penulis

    Wuri Damaryanti Suparjo

    Reporter RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00