• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Dewan Pendidikan Sleman Harus Rumuskan Konsep Pendidikan Bermutu dan Jaga Keamanan Anak Didik

26 February
19:33 2020

KBRN, Sleman : Bupati Sleman, Sri Purnomo mengukuhkan 11 orang Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman periode 2020-2025 bertempat di Ruang Rapat Sembada, Kantor Setda Kabupaten Sleman, Rabu (26/2/2020).

Sri Purnomo menjelaskan bahwa pengisian jabatan Dewan Pendidikan dilakukan secara transparan. Dari total 49 pendaftar akhirnya terpilih 11 orang untuk dikukuhkan menjadi Dewan Pengawas Pendidikan.   

Menurutnya, Pemkab Sleman menyambut baik pembentukan Dewan Pendidikan sejak awal konsep ini digulirkan. Dengan adanya dewan pendidikan ini, ia berharap peningkatan mutu pendidikan dapat dirumuskan bersama dari berbagai perspektif pemerhati pendidikan.

“Saya yakin dengan kepedulian lebih banyak pihak dapat menghasilkan rumusan peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik dibanding hanya dari sisi pemerintah saja,” ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa dewan pendidikan memiliki tugas yang tidak ringan karena memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan dalam pengawasan secara mandiri dan profesional.

Terlebih lagi tragedi hanyutnya siswa-siswi SMP 1 Turi beberapa waktu lalu saat melakukan susur sungai menjadi cambuk bagi dunia pendidikan untuk melakukan upaya pendidikan tanpa mengesampingkan keamanan bagi anak didik.

Berkenaan dengan hal tersebut dewan pendidikan dituntut untuk dapat menghimpun, menganalisis dan memberikan rekomendasi pada Pemkab Sleman terhadap peluang, kritik saran maupun aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

“Sebagai tenaga pendidik seyogyanya memegang amanah dengan sebaik-baiknya dan harapkan dewan pendidikan yang terpilih dapat mengemban tugas untuk semakin memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Sleman,” tambahnya 

Untuk Anggota Dewan Pendidikan yang dikukahkan Bupati berjumlah 11 orang, diantaranya  Nursyahbani Purnama dari UII, John Supriyanto dari UGM, Theresia Anita Kristiani dari AUniversitas Atmajaya, serta Siti Nurbaya dari UNY.  Selain itu juga Akhmad Ritaudin dari SD Percobaan Pakem, Suyono dan Nurdjamil Dimyati dari Pengurus Cabang NU Sleman,  Buchori Wakil Ketua Dewan Masjid Indoensia Sleman, Afin Fadilla dari Psychologi UGM,Sudiyo dari Unsur PGRI sleman serta Sudiyanto anggota Pewarta Warga Indoensia. (koes/joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

00:00:00 / 00:00:00