• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

BPBD Sleman Gelar Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsi Bencana

26 February
17:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Untuk melatih  Kesiapsiagaan kebencanaan kepada masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman menggelar Pelatihan Pengelolaan Barak Pengungsi Bencana di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Sleman, Rabu (26/2/2020).

Kepala Seksi Kasi Penanganan Pengungsi dan Logistik Bencana BPBD Sleman, Dwi Harjanto mengatakan, pelatihan pengelolaan barak pengungsi bencana diikuti 50 pesserta  dari warga Desa Sambirejo  Prambanan, meliputi anggota Karang Taruna, RT.RW , PKK, Linmas, LKMD , Perangkat Desa, .

Dikatakannya kegiatan pelatihan bertujuan untuk melatih masyarakat terkait kesiapagaan kebencanaan karena di Desa Sambirejo mempunyai gedung yang difungsikan untuk pengungsi.

“Kalau ada kejadian bencana ada pengungsinya, timnya seperti tim medis, tim administrasi, tim keamanannya, dapur umum, logistik siap atau tidak maka dari itu kita latih agar nanti jika terjadi bencana, masyarakat betul betul siap,” tandasnya.

Ia menjelaskan,  pelatihan tersebut yakni tentang pengelolaan barak pengungsi, penanganan pengungsi yang mengalami luka ringan seperti lecet-lecet, patah tangan ringan dan terkait mengatur lalulintas, cara mendirikan tenda pengungsi, juga simulasi penanganan bencana tanah laongsor.

Sementara itu koordinator kegiatan yang juga Kasi Pemerintahan Desa Sambirejo, Tukiman mengatakan, adanya kegiatan yang diselenggarakan BPBD Sleman dengan melibatkan warga tersebut, pihaknya sangat menyambut baik, karena warga yang sebelumnya belum terlatih menjadi terlatih yang sebelumnya belum bisa menjadi bisa,

Di samping itu di Desa Sambirejo juga rawan tanah longsor, sehingga dengan adanya pelatihan ini menjadi bekal bagi warga untuk penaganan bencana di Desa Sambirejo.

Di sisi lain, peserta pelatihan yakni Ardiansyah mengatakan, mengikuti pelatihan pengelolaan barak pengungsian ini bisa menambah ilmu, pengalaman dan bila terjadi bencana maka warga siap melakukan langkah-langkah mitigasi. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

00:00:00 / 00:00:00