• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Menteri Koperasi dan UKM ingin produk UMKM naik kelas

24 February
20:20 2020
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyiapkan 18 rencana aksi, untuk merealisasikan Program Koperasi Keren dan UMKM naik kelas, agar mampu bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri.

Rencana aksi itu antara lain perluasan akses pasar dengan peningkatan konsumsi dalam negeri dan mendorong merek lokal di pasar global, peningkatkan daya saing melalui pengembangan rumah produksi bersama, di sentra industri kecil dan menengah.

Selanjutnya menjalin kemitraan dengan usaha besar, ekselerasi pengembangan usaha, standarisasi dan sertifikasi internasional, serta membuat sistem logistik UMKM. Ada juga pengembangan kewirausahaan dengan layanan konsultasi dan pendampingan teknis, akselerasi dan komersialisasi, serta modernisasi koperasi.

Disamping itu juga dilakukan akselerasi pembiayaan dan investasi dengan memperkuat soft infrastruktur pembiayaan dan pembiayaan non bank, penyederhanaan ijin usaha dan standarisasi produk, hingga pembentukan pusat bantuan hukum.

”Saya juga akan meningkatkan koordinasi lintas sektor dengan program one gate policy, dan mengajak peningkatan peran pemerintah daerah,” ujar Teten Masduki, dalam acara pembukaan Kolaborasi untuk Koperasi Keren dan UMKM naik kelas di Sleman, Senin (24/2/2020).

Selain itu disebutkan, jumlah wirausahawan yang akan dilatih dalam program tersebut pada tahun ini mencapai 57.700 orang, sehingga meningkatkan rasio kewirausahaan dari 3,47 persen menjadi 3,64 persen, dan rasio wirausaha berbasis peluang menjadi 10,30 persen.

Namun Teten mengakui, jumlah itu masih lebih kecil dibandingkan jumlah wirausahawan di Malaysia 4,74 persen, Thailand 4,26 persen, dan Singapura yang prosentasenya tinggi mencapai 8,76 persen.

”Masak kita kalah terus dari negara-negara tetangga, dengan bonus demograsi usia produktif kita harus jadi pemenang di ASEAN,” imbuhnya. (ws/yyw)  

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00