• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

UNY Bangun Kampus Vokasi Di Gunungkidul

21 February
12:37 2020
1 Votes (5)

KBRN, Gunungkidul: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membangun kampus vokasi di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tahap awal peletakan batu pertama atau groundbreaking di laksanakan Jumat (21/2/2020).

Rektor UNY Sutrisno Wibawa mengatakan, pembangunan kampus vokasi ini merupakan bentuk kerjasama UNY dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam upaya peningkatan pendidikan khsusunya perguruan tinggi.

"Tahap awal pemkab Gunungkidul memberikan Lahan seluas 4,8 hektare. Pembangunan ini kita targetkan bisa selesai pada September mendatang," paparnya kepada media usai acara di Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Kampus vokasi ini diisi delapan program studi (prodi) yakni Prodi Pengelolaan Usaha Rekreasi, Logistik Perdagangan Internasional, Bisnis Kreatif, Bisnis Digital, Tata Boga, Tata Busana, Akuntansi serta Teknik Informatika.

"Pembangunan kampus dikerjakan oleh kontraktor siang malam sehingga bisa digunakan untuk menerima calon mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021."terangnya.

Sutrisno menerangkan, kampus ini didirikan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Gunungkidul. Mahasiswa nantinya dapat memilih jenjang D1, D2, D3 dan D4 sesuai dengan prodi yang mereka kehendaki.

"Kita berikan kuota khusus untuk warga Kabupaten Gunungkidul sebanyak 50 persen. Seperti apa seleksinya nanti akan kita laksanakan lebih lanjut," katanya.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, program studi di luar kampus utama UNY di Gunungkidul diharapkan dapat memberikan kemudahan masyarakat Gunungkidul untuk mengakses pendidikan tinggi. Prodi yang dibuka diharapkan dapat meningkatkan SDM dan menjawab tantangan zaman.

"Pembangunan kampus ini memiliki multi player efek yang sangat besar bagi kemajuan Gunungkidul," paparnya.

Dalam acara groundberaking hadir, Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntari Ningsih, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi, Kepala Disdikpora Bahron Roshid dan sejumlah pimpinan UNY.

  • Tentang Penulis

    Wahyu Wibowo

    Kontributor RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00