• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Mahasiswa Stikes Banten PKL di Desa Sambirejo, Prambanan

20 February
19:17 2020
4 Votes (4.3)

KBRN, Yogyakarta : Sebanyak 38 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Propinsi Banten mengikuti  Praktek Kerja Lapangan ( PKL) di Desa Sambirejo Prambanan Sleman.

Dosen Stikes Banten Dorsinta Sialagan SST,MKM mengatakan, 38 mahasiswa Stikes Banten mengikuti PKL di Desa Sambirejo selama satu minggu mulai 19 hingga 25 Februari, untuk memenuhi materi mata pelajaran Praktik Komunitas.

"Praktik Komunitas dipilih di Desa Sambirejo karena sangat cocok untuk bidan yang akreditasinya juga sudah A sehingga kami memilih ini untuk Mahasiswa kami mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapat di Kampus selain itu di  Desa Sambirejo juga ada wisata yakni  tebing breksi yang bagus,” tandasnya, Kamis (20/2/2020).

Dikatakannya, mahasiswa yang diterjunkan ke Desa tersebut untuk mengetahui permasalahan yang menghambat pertumbuhan dari segi kesehatan, sehingga bisa dicari solusi bersama dengan masyarakat.

“Mahasiswa yang melakukan PKL mungkin bukan membawa segi materi, tetapi membawa ilmu yang mereka dapatkan dari kampus uuntuk bekal pengetahuan  selama melakukan PKL di Desa Sambirejo,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dorsinta mengungkapkan,salah satu tantangan yabng dihadapi   mahasiswa dalam melaksanakan PKL salah satunya   masalah budaya dan bahasa, karena  dari Banten dengan mayoritas suku sunda yang menggunakan bahasa sunda. “Namun kami sudah membekali diri selama di kampus dan juga sudah dibekali mengenai berbagai budaya yang ada di Yogyakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Prambanan Sleman, Rasyid Ratnadi Sosiawan berharap, peserta PKL dari Stikes Banten dapat  saling memberi dan saling menerima ilmu.

“Mahasiswa dapat  belajar kepada masyarakat, dan sebaliknya mahasiswa dapat  memberikan pengetahuannya   kepada warga.” pungkasnya. (yon/ryt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00