• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pencegahan Perilaku Menyimpang

17 February
13:56 2020

KBRN, Yogyakarta : Aksi kriminal jalanan atau klitih yang marak terjadi dan sangat meresahkan masyarakat di Yogyakarta saat ini mendorong perlu adanya kepedulian seluruh stakeholder baik pemerintah, maupun masyarakat untuk melakukan kontrol dan pencegahan munculnya bibit-bibit kejahatan yang marak terjadi pada anak usia remaja ini.

Sekretaris RW 12 Kampung Resonegaran Sugiyanto kepada RRI mengatakan, keterlibatan masyarakat terutama kampung menjadi bagian terpenting dalam melakukan pengawasan maupun upaya pencegahan perilaku menyimpang dan mengarah pada tindak kriminal jalanan atau klitih yang sebagian besar pelakunya masih berusia remaja.

Pemetaan potensi kerawanan, pemantauan dan teguran serta melibatkan anak usia remaja dalam kegiatan kampung maupun kegiatan sosial dinilai efektif dalam meminimalkan munculnya kelompok-kelompok yang berpotensi melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

"Jelas ada pemetaan yang harus dilakukan karena biasanya usia remaja terutama SMP itu ada komunitas keluar. Kita lakukan pengawasan terutama potensi-potensi perilaku menyimpang seperti minum-minuman keras yang menjadi salah satu pemicu aksi kejahatan, itu nanti jika memang ada indikasi anak-anak kesana kita dekati kita ajak orang tuanya untuk duduk bareng agar tidak melakukan kegiatan yang sangat tidak bermanfaat tersebut," jelasnya, Senin (17/2/2020)

Selain melakukan pendekatan antar manusia Sugiyanto menjelaskan, pihaknya terus melakukan peningkatan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa atau Rohani.

"Kita juga gencarkan kegiatan yang mendekatkan manusia dengan Tuhan seperti pengajian agar anak-anak ini memiliki jiwa atau rohani yang sehat," tambahnya.

Pihaknya meyakini dengan kepedulian seluruh masyarakat dan pendekatan kampung maupun desa dapat menekan munculnya potensi kejahatan yang dilakukan anak usia remaja.(ian/joel)

  • Tentang Penulis

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

00:00:00 / 00:00:00