• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Kenduri Menyelamatkan TVRI Sebagai LPP

17 February
09:30 2020

KBRN, Yogyakarta : Manager Program Rumah Perubahan Lembaga Penyiaran Publik (RPLPP) Yogyakarta yang juga panitia penyelenggara, Darmanto mengatakan, Acara Kenduri Menyelamatkan TVRI sebagai LPP sama sekali tidak dimaksudkan untuk menjadi wahana atau membicararakan kejelekan pihak-pihak yang terlibat dalam kisruh TVRI periode 2019-2020.

Dijelaskan, acara ini juga sebagai bentuk respon atas konflik yang terjadi di TVRI. Kita ingin memberikan sumbangan yang positif untuk memperkuat eksistensi TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP), sehingga walaupun terjadi konflik internal namun TVRI tetap berjalan dengan baik karena Lembaga Penyiaran Publik LPP ini milik bersama.

Kucuran APBN tahun 2020 untuk LPP TVRI mengalami kenaikan dibanding sebelumnya, PNBP juga naik,  audit keuangannya juga WTP. Semua itu menunjukan TVRI itu tetap eksis masih mampu menjadi topangan bagi ribuan pegawai dan keluarganya, namun dalam fungsinya sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) keberadaan TVRI sesungguhnya di ambang kematian.

Acara menyelamatkan TVRI sebagai LPP ini bertujuan untuk melakukan konsolidasi komitmen pihak-pihak yang peduli terhadap masa depan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik.

"Bagaimanapun kita menyadari ada pihak-pihak yang memang tidak rela TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik, menjadi kuat dan menjadi independen sehingga harus diganggu terus menerus. Oleh karena itu, melalui acara ini diharapkan muncul pemikiran atau gagasan," ujar Manager Program RPLPP Darmanto di sela-sela acara kenduri menyelamatkan TVRI sebagai LPP di Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Minggu (16/02/2020).

Sementara itu, Bambang Nursinggih yang memimpin Kenduri Menyelamatkan TVRI sebagai LPP mengatakan, tujuan digelarnya acara ini untuk mendoakan agar TVRI dan RRI tenang tidak ada gejolak, tidak ada permasalahan, tentram sehingga membuat kinerja lebih kondusif dengan harapan harus berani  bersaing dengan lembaga lainnya.

Disisi lain Dewan Pengawas LPP TVRI Kabul Budiono mengatakan, kegiatan ini suatu yang mencerminkan perhatian dari masyarakat kepada LPP khususnya TVRI.

"Ini merupakan suatu wujud harapan mereka agar LPP TVRI dan RRI lebih bisa mengakomodir serta peran serta masyarakat di dalam kegiatan-kegiatannya. Salah satu ciri lembaga keikut sertaan masyarakat dalam memberikan pemasukan seperti program-program siaran juga pendekatan kebudayaan yang dilakukan melalui acaranya," ungkap Kabul Budiono.

Dalam acara tersebut dihadiri puluhan tamu undangan seperti, Dewan Pengawas LPP TVRI Kabul Budiono, Dewan Pengawas LPP RRI Hasto Kuncoro, Kepala Stasiun TVRI Yogyakarta Tri Widiarto, Pemerhati TVRI dan masyarakat lainnya. Dalam acara tersebut juga menggelar diskusi dan pentas wayang Jemblung. (yon/mrt/yyw).

00:00:00 / 00:00:00