• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Buku The Climbers: Pesan Agar Menjadi Pemimpin Yang Amanah

14 February
13:31 2020

KBRN, Yogyakarta : Profesor Djokosantoso Moeljono penulis buku the Climbers yang menjadi buku laris tentang kepemimpinan menekankan pentingnya menjadi pemimpin yang amanah. 

Menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan maupun organisasi tentu tidak mudah. Namun begitu, seorang profesional muda yang tengah meniti karir dari bawah dan berkeinginan menapaki kursi pimpinan diharapkan tidak melakukan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. 

Sebaliknya, selama ia bekerja hendaknya juga selalu memperkaya diri dengan beragam pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan profesi maupun tidak. Hal itu dikemukakan oleh praktisi dan penulis buku Prof. Dr. Djokosantoso Moeljono dalam diskusi bedah buku karyanya yang berjudul The Climbers -15 Langkah Strategis Mendaki Karier Puncak di Program Magister Studi Kebijakan (MSK) UGM, Kamis (13/2/2020). 

Mantan Direktur Utama BRI selama 7 tahun ini mengatakan ia meniti karir lebih dari 50 tahun. Namun ia tidak menggunakan praktik KKN untuk menggapai posisi puncak karirnya. Melalui bukunya The Climbers ia berpesan tentang pentingnya menjadi pemimpin yang amanah. 

“Jadilah pemimpin yang amanah, pemimpin itu bukan hak tetapi kewajiban. Kalau you memimpin dengan amanah, hidup ini rasanya bebas karena tidak meng-hak-i sesuatu. Itu sepeti yang saya kemukakan tadi sesuai dengan Khulafaur Rasyidin. Jadi rumusnya: bisa-jadi- (baru) punya, jangan dibolak-balik; ora-biso opo-opo- nggandul partai (politik)-jadi pejabat, kasihan negara,” demikian pesan Djokosantoso. 

Djokosantoso mengatakan, dari pengalamannya meniti karir di perusahaan bank milik pemerintah tersebut, menjadi seorang pemimpin tetaplah memerlukan pengetahuan dan keterampilan apalagi adanya pengetahun dalam era digital. Namun ada satu hal yang tidak akan berubah yang dimiliki seorang pemimpin menurutnya yaitu integritas. 

“ Kompetensi itu dibagi dalam bentuk: perkuat pengetahuan- perkuat ketrampilan-perkuat integritas-emosi-perkuat spiritualitas,dan kalau berhasil jangan merasa itu hakmu, itu hak Allah SWT, ini hanya titipan. Memimpin itu titipan Allah, silahkan yang mau macam-macam monggo tetapi nanti ada balasannya. Allah memberikan untuk mereka yang siap, nah buku The Climbers ini mempersiapkan mereka”, jelas gurubesar Universitas Muhammadiyah Surakarrta itu. 

Sementara itu, Gurubesar Fisipol UGM Prof. Dr. Muhadjir Darwin yang menjadi pembahas buku tersebut mengatakan The Climbers merupakan representasi dari sejarah hidup penulis yang menapaki karir hingga menjadi CEO melewati banyak rintangan yang ia ibaratkan layaknya seorang pendaki gunung yang ingin sampai ke puncak. (mun/yyw).

  • Tentang Penulis

    Munarsih Sahana

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

00:00:00 / 00:00:00