• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Letusan Eksplosif Merapi, Waspadai Awan Panas dan Banjir Lahar

13 February
19:00 2020

KBRN, Sleman : Hujan abu akibat letusan Merapi Kamis pagi (13/02/2020) sempat mengakibatkan hujan abu tipis di kawasan lereng Merapi.

Dari pantauan pasca letusan hujan abu tipis sempat terjadi dikawasan Cangkringan, seperti dusun Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul serta Kaliadem. Selain itu di wilayah Turgo Purwobinangun Pakem juga sempat mengalami hujan abu tipis serupa.

Letusan Merapi yang terjadi Kamis pagi, berdasar informasi BPPTKG Yogyakarta, hanya pelepasan gas. Karena itu menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, sitausi dikawasan Rawan Bencana Tiga Merapi, tetap aman terkendali. 

“Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, bahkan pemkab sleman tidak menginstruksikan adanya pembagian masker meski sempat terjadi hujan abu tipis di sejumlah lokasi,“ jelasnya.

Terhadap dampak pelepasan Gas di Gunung Merapi, Makwan menjelaskan, sesuai rekomendasi BPPTKG Yogyakarta, masyarakat perlu mewaspadai adanya awan panas karena runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik akibat letusan eksplosif.

“Masyarakat diharapkan melakukan antisipasi akan paparan abu vulkanik, maupun awan panas,“ harapnya.

Dampak dari letusan Freatik Merapi Kamis (13/2), belum mengubah status 'Waspada Merapi', sehingga masih dipertahankan pada 'Waspada Level Dua'.

“Dengan ketentuan ini kawasan terlarang untuk kegiatan masyarakat masih difokuskan pada radius tiga kilometer dari puncak Merapi,“ tegas Makwan.

Sementara terkait perkembangan informasi status Merapi, Makwan minta masyarakat hanya mengikuti informasi dari BPPTGK Yogyakarta, atau Pemkab Sleman, sehingga jangan sampai terpengaruh informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sumber dan kebenarannya.

Khusus pada situasi musim hujan ini, warga disekitar sungai yang berhulu ke Gunung Merapi, terutama Kali Gendhol diminta mewaspadai ancaman banjir lahar dingin, karena potensial terjadi jika di puncak Merapi turun hujan lebat dalam waktu relatif lama. (koes/ryt/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

00:00:00 / 00:00:00