• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan

DLH Bantul : Masyarakat masih buang sampah sembarangan

11 February
19:59 2020

KBRN Yogyakarta : Realisasi program bersih sampah di Kabupaten Bantul yang dimulai tahun 2019, dirasa belum berjalan efektif. Tahun ini, pemerintah daerah setempat kembali melanjutkan program tersebut.

Sesuai hasil evaluasi, sulitnya mengubah perilaku membuang sampah sembarangan di masyarakat, menjadi penyebab kenapa efektivitas program itu belum betul-betul dirasakan manfaatnya.

”Target tahun kemarin sampah dibuang pada tempat yang semestinya, jadi pembuangan sampah liar harapannya sudah nol, tetapi faktanya sampai sekarang masih ada yang buang sampah sembarangan,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Wahid.

Dalam acara launching program percepatan Bantul bersih sampah 2020, di Pendopo Parasamya kompleks kantor Pemkab Bantul kawasan Manding, Selasa (11/2/2020), Wahid juga menyebut, saat ini produksi sampah rumah tangga, masih bertahan di kisaran 600 ton per hari.

Sehingga pihaknya mengajak aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desa-desa, agar ikut memberi penyuluhan kepada masyarakat, tentang cara mengelola sampah yang benar. Harapannya ke depan, sudah tidak ada lagi tempat-tempat yang menjadi lokasi pembuangan sampah liar.

”Ini juga menjadi tugas kami, selain menjaga keamanan juga bagaimana Bhabinkamtibmas ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan,” kata Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono.

Dalam acara launching itu, juga dilakukan penandatangan nota kesepakatan tentang percepatan Bantul bersih sampah 2020, antara Bupati Bantul Suharsono, dengan Kapolres Bantul serta Komandan Kodim setempat. Dalam sambutannya, bupati ingin setiap pedukuhan memiliki bak sampah sendiri.

”Apa perlu pakai perbup (pengadaan bak sampah, red), kalau secara lisan mungkin lupa, saya tidak menyalahkan masyarakat jika selama ini buang sampah sembarangan karena tidak ada tempatnya,” kata Suharsono. (ws/yyw)    

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

00:00:00 / 00:00:00