• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

49 Desa di Sleman Lakukan Pilkades Serentak Lewat E-Voting

27 January
17:36 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Pilkades melalui e-votting atau secara elektronik untuk pertama kalinya akandilaksanakan di 49 Desa di Kabupaten Sleman, dan diharapkan bisa berjalan lancer, tidak ada kendala.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sleman, Budiharjo kepada RRI mengatakan, Pilkades  akan diikuti  49 Desa di Sleman dengan  e-votting elektronik secara serentak yang baru pertama kali akan d gelar pada 29 Maret 2020 mendatang.

Menurut Budiharjo, beberapa tahapan sudah dilaksanakan di 49 desa di antaranya sosialisasi Pilkades secara e-votting, tata cara pemungutan suara, dan pembentukan panitia Pilkades.

Dijelaskannya, pendaftaran dilakukan pada 23 Januari hingga 9 hari ke depan, dan sampai saat ini masing-masing Desa di 49 telah menyerahkan draf Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang  sedang dalam proses verifikasi di Dinas PMD Sleman.

“Draf selanjutnya segera dimasukan ke aplikasi DPT di laptop dalam rangka pelaksanaan pilkades  dengan harapan pilkades di 49 desa dengan  e-votting elektronik yang pertama kali  di Sleman  ini secara serentak bisa berjalan lancar tidak ada kendala,” ungkapnya, Senin (27/1/2020).

Ia menghimbau kepada warga masyarakat yang sudah tercatat dalam DPT diminta partisipasinya untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi Pilkades di 49 Desa di Sleman secara e –votting.

 Budiharjo menambahkan, sesuai Undang-undang nomer 6 tahun 2014 tentang Desa, bahwa  jumlah minimal peserta Pilkades sebanyak 2 orang dan maksimal lima  orang,.

Jika calonnya lebih dari 5 orang akan dilakukan tes tertulis dan jika pendaftaran hingga 9 hari calon  masih satu  pendaftar, maka akan diperpanjang selama 7 hari.

“Apabila sudah diperpanjang  sampai 7 hari calonnya masih  tetap satu, maka pilkades tidak bisa di laksanakan, menunggu pelaksanaan Pilkades berikutnya,” imbuhnya.

Semenatara itu Kapolres Sleman, AKBP Rizky Ferdiansyah menyatakan akan memetakan desa-desa yang rawan dalam Pilkade.

“Yang rawan mungkin hanya ada dua desa saja seperti di Kecamatan Depok dan Kecamatan Gamping. Terkait Pilkades se4rentak ini,  itu jajaran kepolsian Polres Sleman siap mengamankan Pilkades di 49 desa,” tandasnya. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00