• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Wapres Ma’ruf Amin Pidato Pada Pertemuan Centrist Democratic International

24 January
18:34 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Wakil Presiden RI Prof. Dr Ma’ruf Amin Jumat siang (24/1/2020) menjadi keynote speaker pada pertemuan Komisi Eksekutif CDI (Centrist Democratc International),organisasi partai-partai lintas negara yang berhaluan demokrasi.

Pertemuan diselenggarakan oleh Parkai Kebangkitan Bangsa, PKB yang merupakan satu-satunya anggota CDI dari Indonesia. Wapres mengatakan, pertemuan CDI merupakan forum yang baik untuk menjembatani pemahaman tentang nilai-nilai Islam yang proporsional ke dunia internasional.

“ Pertemuan ini bermanfaat untuk menjembatani pemahaman tentang Islam secara lebih proporsional secara internasional. Sesuai dengan pilar CDI seperti perlindungan hak azasi manusia, dialog antar agama, partisipasi perempuan dalam politik, dan proses perdamaian. Nilai-nilai yang diusung CDI tersebut saya pandang sejalan dengan nilai-nilai demokrasi yang terkandung dan dilaksanakan di Indonesia”, tandas Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

CDI berdiri tahun 1961 di Santiago Chile sebagai organisasi demokrasi kelompok Kristen tetapi saat ini anggotanya berada di lebih dari 100 negara yang bukan hanya berasal dari kelompok Kristen. Wapres juga prihatin banyak negara demokrasi dihadapkan tantangan intileransi, berita bohong bahkan kekerasan berbasis etnis dan agama. Menurut Wapres, kunci untuk menyelesaikan konflik adalah melalui dialog.

Sementara itu, Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, PKB menjadi anggota CDI beberapa bulan yang lalu dan langsungmenjadi tuan rumah pertemuan komisi eksekutif yang merupakan forum tertinggi CDI. Muhaimin menambahkan, resolusi usulan PKB tentang kemanusiaan dalam Islam diterima menjadi salahsatu resolusi CDI 2020.

“ Resolusi yang ditawarkan PKB tentang humanitarian Islam, Islam kemanusiaan Islam rahmatan lil alamin kemarin telah diketok, disetujui dan diterima secara bulat menjadi resolusi CDI 2020 bersama sejumlah resolusi lainnya”, jelas Ketua Umum PKB yang juga dikenal dengan nama Cak Imin.

Presiden CDI Andres Pastrana Arangoyang juga mantan presiden Colombia, dalam pidato berbahasa Spanyol menjelaskan misi CDI untuk menegakkan demokrasi melalui good governance dan melakukan dialog antar agama untuk kepentingan yang lebih luas, serta menentang gerakan populis yang melemahkan demokrasi.

Saat ini, menurut Andres, CDI juga mulai memberdayakan perempuan dan pemuda. Peserta pertemuan CDI juga mengunjungi situs agama-agama yaitu candi Prambanan dan Borobudur. Jumat malam, mereka mengadakan dialog dengan kelompok pemuda Islam di pesantren Pandanaran Yogyakarta.(mun/ryt).

  • Tentang Penulis

    Munarsih Sahana

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Riyanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00