• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Polsek Ngemplak Sleman Serahkan Temuan Bayi ke Dinsos DIY

22 January
20:05 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sleman: Polsek Ngemplak Sleman menyerahkan temuan bayi berjenis kelamin perempuan kepada Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bayi tersebut ditemukan pada Senin (20/1/2020) lalu di dalam kardus bekas minuman mineral di pinggir jalan Dusun Tegalsari, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman.

 Kapolsek Ngemplak, Kompol Wiwik Haritulasmi menjelaskan, bayi perempuan yang di temukan tersebut diberi nama,  Cantika Putri Winingsih, karena bayi itu memang cantik, Putri karena berjenis kelamin perempuan, dan Winingsih merupakan gabungan antara nama depan saya Wiwik dan Purwaningsih Camat Ngemplak, jelasnya seusai acara penyerahan bayi di Puskesmas Ngemplak 1 Sleman  Rabu (22 /1/ 2020).

Penyerahkan bayi ke Dinas Sosial tersebut sesuai aturan seperti di UUD 1945 tentang fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara negara, UU No.4 tahun 1979 tentang kesejahteraan anak, UU No.11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, serta UU No.13 tahun 2012 tentang Perlindungan Anak.

 Sementara itu  Camat Ngemplak Siti Wahyu Purwaningsih mengatakan, setelah penyerahan bayi ini tidak akan langsung ditawarkan untuk diadopsi tetapi dirawat hingga enam bulan ke depan karena siapa tahu ibu kandungnya berubah pikiran ingin mengambil bayinya.

Di sisi lain  Epiphana Kristiyani, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Sleman mengatakan, ada sekitar 20 orang yang telah datang ke kantornya  ingin mengadopsi bayi tersebut,  dengan alasan belum dikaruniai keturunan dengan usia di atas 30 tahun.

"Yang Cantika ini saja sudah 20-an orang ingin mengadopsi, tapi tidak bisa langsung diberikan harus melalui prosedur sesuai aturan yang berlaku di Dinas Sosial DIY, Sedangkan yang mau mengadopsi diutamakan belum memiliki anak dan  harus menjamin orangtua angkat tersebut mampu untuk merawat anak tersebut ," ungkapnya.

 Kepala Puskesmas Ngemplak 1 Sleman Dr Seruni Susilo juga mengatakan bayi Cantika Putri Winingsih ini saat dibuang baru beberapa jam dari kelahirannya. Dari tali pusarnya kemarin masih ada rembesan darah segar. Untuk itu segera di bawa ke Puskesmas untuk diberikan imunisasi dan diberi nutrisi bayi eksklusif dengan ASI. (yon/joel)

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta&amp;amp;amp;lt;br /&amp;amp;amp;gt;&amp;amp;amp;lt;br /&amp;amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00