• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Satpam Tingkatkan Kemampuan dan Profesional dalam Tugas

22 January
19:19 2020
0 Votes (0)

KBRN,Yogyakarta : Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar upacara HUT Satuan Pengaman (Satpam) ke-39 di halaman Mapolda DIY, Rabu (22/1/2020). Bertindak sebagai inspektur upacara Waka Polda DIY Brigjen Pol Karyoto. 

Wakapolda Brigjen Pol Karyoto usai upacara kepada wartawan  mengatakan,  Satpam sebagai bentuk pengamanan (Pam) swakarsa  perusahaan, instansi maupun komunitas, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan menciptakan keamanan dan kondusiftas masyarakat.

Apalagi, lanjutnya, secara rasio jumlah polisi masih kurang. Sebab dari jumlah ideal 1 polisi dibanding 250 penduduk, sekarang baru 1 dibanding 500. Sehingga kekurangnya bisa dicover oleh Satpam tersebut.

“Polda sebagai instansi  yang memiliki tugas dalam pembinaan Satpam, berharap Satpam bisa meningkatkan kualitas kemampuan dan skilnya,” kata Karyoto usai upacara, kepada wartawan.

Ia  berharap, dengan meningkatkan kualitas kemampun Satpam akan profesional dalam melakukan tugas pengawaman, piawai dan memainkan peran dengan maksimal dalam berkomunikasi dengan masyarakat dan aparat.

Selain itu, menjadi penghubung dan memberi informasi terhadap kejadian di sekitarnya kepada polisi, sehingga polisi langsung dapat menjalankan patroli.

“Jadi sebagai Satpam, janga hanya berdiam tidak bisa melihat situasi dengan kejadian serta kurang terjadi jalinan harmonis. Tetapi harus Satpam  polisi dan masyarakat harus bersinegeri unruk menciptakan masyarakat yang lebih aman dan kondusif,” ungkapnya

Lebih Lanjut Wakapolda DIY Brigjen Karyoto  mengatakan,  untuk membentuk jiwa korsa Satpam, maka perlu semangat dalam menyatukan langkah. Di antaranya dengan meningaktkan kemampuan skil dan komunikasi. Ini sangat penting karena  Satpam harus dapat memberikan informasi kepada masyarakat di pusat keramaian.

“Untuk refreshing dan peningkatkan skil, Satpam dapat memanfaatkan halaman Polda DIY setiap satu minggu sekali,”  imbuhnya

Sementara itu, dalam upacara tersebut selain diikuti ratusan Satpam dari instansi maupun perusahan juga diikuti TNI, POLRI, Dinas Perhubungan.

Dalam kesempatan itu, Polda DIY memberikan penghargaan serta hadiah  bagi satpam yang berprestasi seperti menangkap pelaku  pencurian dan lainnya. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00